Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Pembelajaran Matematika Berorientasi HOTS Berbasis STEM

YOGYAKARTA — Sebanyak 30 orang mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengikuti orientasi dan kuliah perdana di Kampus 2 UAD, Jalan Pramuka 42, Sidikan, Yogyakarta, Sabtu (7/9/2019).

Dalam kuliah perdana kali ini, dihadirkan narasumber Dr Supinah dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika.

Di depan mahasiswa baru itu, Dr. Supinah menyampaikan pentingnya mendesain pembelajaran matematika berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Kegiatan yang diselenggarakan Program Studi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UAD Yogyakarta ini untuk mengawali kuliah semester gasal tahun akademik 2019/2020.

“Selain itu juga memperkenalkan kampus bagi mahasiswa baru,” kata Prof Dr Achmad Mursyidi, M.Sc, Apt, Direktur PPs UAD Yogyakarta, yang menambahkan mahasiswa baru dalam belajar harus open your mind, open your eyes, open your ears, dan open your heart.

Di depan mahasiswa baru, Achmad Mursyidi juga menyampaikan akan manfaat yang didapat oleh mahasiswa jika disiplin waktu dalam mengikuti perkuliahan.

Dalam orientasi program studi, Dr Suparman, M.Si, DEA selaku Kaprodi Magister Pendidikan Matematika UAD Yogyakarta, memperkenalkan para dosen yang menggampu di Program Studi MPMAT PPs UAD.

“Semua dosen bergelar doktor, baik dari lulusan luar negeri maupun dalam negeri,” kata Suparman, yang juga menjelaskan matakuliah yang akan ditempuh, baik bagi mahasiswa lama ataupun mahasiswa yang baru dengan total maksimal 40 SKS.

“Termasuk di dalamnya ada matakuliah metode penelitian pendidikan matematika, di mana mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks oleh Scopus,” terang Dr Suparman, M.Si, DEA.

Program studi MPMAT PPs UAD, menurut Suparman, juga telah mengimplementasikan kerjasama dengan beberapa universitas luar negeri, di antaranya Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Kolej Universiti Islam Melaka (KUIM) Malaysia, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, dan Hatyai University (HU) Thailand. “Dalam bentuk aktifitas student mobility yang dilakukan secara rutin setiap semester,” papar Suparman. Adapun aktifitas yang dilakukan antara lain dengan melakukan joint workshop on scientific writing, International Conference on Science, Education, and Humanities (ICSEH), dan joint general lecture. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here