Pimnas ke-32 Tahun 2019: UAD Yogyakarta Peringkat ke-12

0
21

YOGYAKARTA — Oleh karena semangat menjadi sang juara dalam Pimnas ke-32 tahun 2019, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendapat posisi terbaik di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berhasil meraih emas dalam Pimnas 2019 yang diadakan di Universitas Udayana Bali pada 27-31 Agustus 2019.

Melalui PKM Kewirausahaan, Leghezo (Let’s Go to The Health Zone) — sebuah permainan edukasi, inovatif dan terpantau pada anak-anak — meraih juara pertama.

Legezho, yang cara bermainnya sama seperti permainan monopoli — yang diawali dengan mengocok dadu — dapat dimainkan anak-anak mulai usia 7-13 tahun itu, telah diuji dan diakui layak untuk dimainkan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta itu terdiri dari petak permainan, buku petunjuk, kartu sehat, kartu aksi, lembar pemantauan, buku panduan implementasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS), CD Prototype game, lagu bermain dan senam serial.

“Konsep permainan ini belajar sambil bermain,” ujar Himatul Husna, yang menerangkan permainan itu berupa permainan board game di bidang kesehatan.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembangkan permainan berbentuk lingkaran berpetak, yang dalamnya terdapat berbagai macam informasi terkait penyakit dan cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Ketua Tim PKM-K UAD Yogyakarta, Himatul Husna, mengatakan, inovasi itu dilatarbelakangi oleh kekhawatiran pada kebiasaan anak-anak yang menggunakan gawai dan kebiasaan PHBS yang kurang baik pada anak-anak.

Di dalam permainan Leghezo itu terdapat pesan-pesan dasar seperti: pesan spiritual, mental, dan sosial yang harus dimiliki seorang anak.

Selain itu terdapat pula sebuah kartu pantauan yang berisi 20 kegiatan anak untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dipraktikkan di rumah setelah melakukan permainan.