UMY Jadi PTS Terbaik Se-DIY Versi 4ICU

0
1

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, dengan berusaha untuk menjadi universitas Unggul dan Islami, Muda dan Mendunia sesuai dengan slogan. Tepat pada awal bulan September 2019 ini, UMY mendapatkan peringkat pertama PTS terbaik se-DIY dan peringkat ketiga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se-Indonesia versi 4ICU.

4ICU Uni-Rank (International College University Ranking) mendasarkan kepada tiga kriteria penilaian yaitu perguruan tinggi harus terakreditasi oleh badan Pemerintah (Kemristekdikti), perguruan tinggi harus menyelenggarakan tiga level pendidikan tinggi Sarjana, Master, dan Doktoral, kemudian proses pembelajaran yang bervariasi. Uni-Rank juga mengukur seberapa tinggi popularitas suatu perguruan tinggi berdasarkan aktivitas pembelajaran, yang terekam dalam situs web menjadi acuan pokok penilaian Uni-Rank.

Terdapat 570 perguruan tinggi yang diukur tingkat keaktifan situs web menurut data Uni-Rank yang menyebutkan bahwa UMY menjadi PTS terbaik se-DIY dan PTS nomor tiga terbaik se-Indonesia. Dalam hal ini UMY diukur sejauh mana mereka dapat memanfaatkan website-nya untuk proses pembelajaran.