Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas Unik! Lulusan PPG UAD 2024 Kenakan Pakaian Adat dan Panitia Pakai Baju Sekolah Rayakan Milad ke-43, UMY Gelar Workshop Fotografi Selami Sudut Kampus Mahasiswa KKN Muballigh Hijrah Diharap Ajur dan Ajer dengan Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan, Mahasiswa KKN UAD Bantu Warga Kelola Sampah Rektor Muchlas: UAD Lakukan Hilirisasi Inovasi Penelitian untuk Masyarakat

Omah Woco: Bantu Warga Membaca dan Belajar

SLEMAN — Karena pentingnya pemberian ilmu — khususnya kepada anak-anak generasi penerus bangsa — sehingga diperlukan perpustakaan untuk menunjang keperluan membaca.

Dengan begitu, akan terwujud generasi-generasi pemimpin bangsa yang bijak dan baik akhlaknya.

Berkaitan hal itu, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 73 di Dusun Batur, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, membuat sebuah perpustakaan mini “Omah Woco” (rumah baca).

Memanfaatkan bangunan kosong di samping masjid Al-Jabal Nur padukuhan Batur, terwujudlah perpustakaan mini yang nyaman digunakan untuk membaca dan belajar.

Dibantu warga padukuhan Batur, mahasiswa UMY berhasil mengumpulkan buku-buku donasi dari masyarakat, mulai dari buku cerita nabi, sunnah agama Islam, novel remaja, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Omah Woco ini dikelola oleh pengurus masjid dan akan dimanfaatkan untuk anak-anak yang TPA di sore hari. “Setelah usai TPA mereka bisa belajar dan membaca di situ,” ungkap Wowok, salah satu perangkat Dusun Batur, Kamis (12/9/2019).

Perpustakaan mini tersebut, dijelaskan Wowok, masuk dalam program kerja utama yang menjadi tema KKN UMY tematik kelompok 73.

Selain itu, kata Wowok  dapat meningkatkan sumber daya manusia melalui program pemerintah DIY, yaitu Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS).

Salah satu poin pokok dibukanya perpustakaan mini itu adalah pendidikan intelektual yang maju dan berakhlak mulia. Oleh sebab itu, dengan adanya Omah Woco ini bisa menjadi nilai tambah yang mendukung upaya peningkatan SDM masyarakat.

“Utamanya adalah anak-anak demi menyongsong generasi yang lebih baik dari segi ilmu dan akhlaknya melalui penanaman nilai-nilai Islam,” tambah Rita Kusumawati, Dosen Pembimbing Lapangan KKN 73 UMY. Sementara itu, ketua kelompok KKN 73 UMY Suharli menyebutkan, iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi dan ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here