Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Siti Munfarikah: Alhamdulillah, Terima Kasih Muhammadiyah

BANTUL — Siti Munfarikah, anak ke-9 dari sebelas bersaudara ini, akhirnya selangkah lagi akan menjadi seorang dokter.

Perempuan yang biasanya dipanggil “nduk” dalam keluarga besarnya itu, diterima kuliah di Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 4 tahun silam. Bukan dengan biaya sendiri, tapi beasiswa dokter Muhammadiyah.

“Jangankan kuliah kedokteran, untuk bermimpi kuliah saja dulu saya tidak berani,” kata Siti Munfarikah, Jum’at (13/9/2019).

Dulu, waktu lulus SMA, ia tidak mengira bisa masuk Kedokteran UMY. “Allah SWT memiliki rencana yang tak pernah disangka-sangka,” papar Siti Munfarikah.

Bapaknya yang biasa dipanggil “pak e” profesinya seorang penjual daun jeruk wangi. Itu saja hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan “mak e”, hanya di rumah saja, sejak penyakit gula menyerangnya.

Menurut cerita pak e, dulu pernah sekolah SR, tapi tidak sampai lulus.

“Alhamdulillah, melalui Muhammadiyah, akhirnya salah satu dari kami sebentar lagi akan menjadi seorang dokter. Profesi yang hanya sebuah mimpi bagi keluarga kami. Bukan hanya karena biaya yang tak terjangkau, tapi proses seleksi yang ketat juga menjadi kendala,” kata Siti Munfarikah.

Tak lupa ia ucapkan terimakasih kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gubug, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan PAY Muhammadiyah Gubug.

Menurut Siti Munfarikah, ia bisa lulus kedokteran karena berkat bimbingan Hj. Lami’ah selaku ketua PAY Muhammadiyah Gubug dan Dr. Rido Arif, MM selaku Direktur PKU Muhammadiyah Gubug. “Juga semua yang tak bisa saya sebut satu persatu,” kata Siti Munfarikah, yang menambahkan dirinya hanya bisa membalas dengan doa jazakumullahu khoirul jazaa’.

“Semoga Allah SWT membalas dengan yang lebih baik,” pungkasnya.

Hilman Latief, Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan), menyampaikan tahniah untuk alumni Kedokteran UMY yang diseleksi beberapa tahun lalu dari sebuah panti asuhan untuk mendapatkan  Beasiswa Dokter Muhammadiyah: biaya kuliah dan living cost.

Menurut Hilman, UMY setiap tahun menyediakan lima beasiswa khusus calon dokter dari panti-panti asuhan Muhammadiyah. “Semoga mereka dapat berkiprah kembali di daerahnya dan meningkatkan harkat dan martabatnya,” kata Hilman Latief,SAg, MA, PhD. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here