Mahasiswa Unisa Gelar Deklarasi Solidaritas untuk Bencana Asap

0
2

YOGYAKARTA — Ribuan mahasiswa baru Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) menggelar aksi solidaritas untuk bencana asap di kampus UNISA, Kamis (19/9/2019).

Kepala Biro Krmahasiswaan dan Alumni UNISA, M. Rifandi, dalam orasinya  menegaskan bahwa manusia seharusnya melindungi hutan dan hewan. “Tapi ada manusia dan perusahaan yang tega membakarnya,” tandas Rifandi.

Dampak pembakaran itu, bagi Rifandi, dirasakan oleh manusia lainnya. “Dan ribuan manusia terancam ISPA,” ungkap Rifandi. Melalui aksi ini, tujuannya untuk mengajak civitas akademika UNISA untuk berpartisipasi memberikan bantuan moral dan material.

Dalam kesempatan tersebut Rifandi membacakan pernyataan sikap melawan asap yang ditirukan oleh seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aksi tersebut.  Pernyataan sikap itu antara lain: (1). Segera tetapkan bencana asap sebagai bencana nasional, (2). Beri tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan, (3). Cabut dan bekukan perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran hutan, (4). Lindungi hak warga negara Indonesia untuk menghirup udara bersih, (5). Cabut mandat pejabat daerah yang mengabaikan bencana asap, (6). Berikan pasal berlapis kepada oknum pembakar hutan atas pembunuhan hewan dan merusak hutan lindung.Tim siaga bencana UNISA juga berharap partisipasi civitas akademika UNISA untuk menyisihkan sedikit hartanya untuk disampaikan kepada  masyarakat terkena dampak asap di Riau dan Sumatera. (Affan)