Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Aksi Mahasiswa Baru UNISA: Pernyataan Sikap Dukung KPK

YOGYAKARTA — Sebanyak 1.500 orang mahasiswa baru dan dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) melakukan aksi pernyataan sikap dukungan terhadap Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) di halaman kampus Unisa Yogyakarta, Selasa (17/9/2019).

Hal ini didasari oleh indikasi semakin menguatnya upaya pelemahan (KPK) sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di Indonesia yang semakin hari semakin tidak menemukan titik terang.

“Pemberantasan korupsi adalah perjuangan yang dilandasi spirit amar makruf nahi munkar dan membutuhkan dukungan  dari berbagai elemen masyarakat, salah satunya perguruan tinggi,” kata Taufiq Qurrahman, PhD, Wakil Rektor I Unisa Yogyakarta, Rabu (18/9/2019).

Menurut Taufiq Qurrahman, kejahatan korupsi adalah kejahatan besar. “Dalam al-Qur’an korupsi adalah perbuatan perusakan dan merusak sendi-sendi demokrasi,” kata Taufiq Qurrahman.

Deklarasi pernyataan sikap untuk mendukung KPK di antaranya adalah perang melawan segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), menolak revisi UU KPK yang bertujuan untuk melemahkan KPK, mengawal segala proses hukum dan demokrasi terhadap KPK, menuntut pimpinan KPK yang independen  dan amanah dalam menjalankan tugasnya.

“Selain itu menolak segala bentuk upaya pelemahan KPK dari pihak manapun,” ungkap Taufiq Qurrahman.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat)  UGM, Hasrul Halili, SH, MH, dalam orasinya mengatakan, DPR sudah mengesahkan revisi UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK.

“Hal ini semakin jelas upaya untuk melemahkan KPK,” tandas Hasrul Halili. Menurut Hasrul, mahasiswa baru dengan semangat dan cita-cita baru akan teraborsi cita-citanya ketika bangsa ini tidak bisa menyelesaikan masalah korupsi. 

Hasrul mengajak kepada seluruh peserta aksi untuk melawan upaya pelemahan KPK. “Hidup KPK’!” teriak Hasrul di akhir orasi. Dalam aksi tersebut dilakukan pula penggalangan tanda tangan untuk mendukung KPK. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here