Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, UMY Hibahkan Dana Pembangunan Gedung ke SD Lab Muhammadiyah Kokoda

SORONG — Komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengembangkan pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia terus berlanjut. Melalui Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyrakat (LP3M) UMY memberikan bantuan dana untuk pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Lab Muhammadiyah Kokoda pada, Minggu (22/9) di Kampung Wormon, Distrik Kokoda, Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Hal ini dilakukan guna menambah fasilitas pendidikan bagi masyarakat setelah sebelumnya dibangun Rumah Baca bersama dengan Kelompok Mahardika Bakti Nusantara (MBN) pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Ketua Divisi Pengabdian dan Pelayanan LP3M UMY Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos.,M.Si., menjelaskan bahwa ini menjadi bentuk proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Hasil yang didapatkan memang tidak akan terlihat secara cepat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan generasi mendatang lebih baik lagi. Untuk itu, fasilitas belajar mengajar harus lebih memadahi.

“Kita sudah melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Suku Kokoda dalam beberapa tahun terakhir bersama mahasiswa KKN. Fokus awal kita memang ingin mengembangkan kualitas masyarakat melalui pendidikan. Oleh karena itu, UMY melalui LP3M  memberikan hibah dana senilai dua puluh lima juta Rupiah untuk penambahan gedung SD di tempat itu,” ujarnya saat menyerahkan dana bantuan.

SD Lab Muhammadiyah Kokoda sendiri telah memiliki puluhan siswa yang berasal dari daerah setempat. Sehingga penambahan ruang kelas menjadi sangat diperlukan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar. Adhiyanti juga menambahkan bahwa hal ini dilakukan karena warga setempat sangat mengapresiasi program bantuan yang diberikan UMY. Hal ini terlihat dari meningkatnya kemauan menempuh pendidikan bagi generasi muda setempat.

“Pemberdayaan bukan hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga ada pendampingan serta penyadaran terhadap kualitas pendidikan. Untuk itu, pemberdayaan yang baik ialah yang mampu menjadikan kelompok untuk bangkit dan mandiri,” imbuhnya. Pada akhir pembicaraan, ia berharap sekolah ini bisa berkembang semakin pesat secara mandiri. Sehingga mampu menghasilkan generasi yang lebih baik sehingga mampu membangun kampung halaman mereka suatu saat kelak. “Semoga besok hadir di masa mendatang yang mampu mengembangkan daerah ini menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.(ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here