Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, UMY Hibahkan Dana Pembangunan Gedung ke SD Lab Muhammadiyah Kokoda

0
5

SORONG — Komitmen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengembangkan pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia terus berlanjut. Melalui Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyrakat (LP3M) UMY memberikan bantuan dana untuk pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Lab Muhammadiyah Kokoda pada, Minggu (22/9) di Kampung Wormon, Distrik Kokoda, Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Hal ini dilakukan guna menambah fasilitas pendidikan bagi masyarakat setelah sebelumnya dibangun Rumah Baca bersama dengan Kelompok Mahardika Bakti Nusantara (MBN) pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Ketua Divisi Pengabdian dan Pelayanan LP3M UMY Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos.,M.Si., menjelaskan bahwa ini menjadi bentuk proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Hasil yang didapatkan memang tidak akan terlihat secara cepat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan generasi mendatang lebih baik lagi. Untuk itu, fasilitas belajar mengajar harus lebih memadahi.

“Kita sudah melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Suku Kokoda dalam beberapa tahun terakhir bersama mahasiswa KKN. Fokus awal kita memang ingin mengembangkan kualitas masyarakat melalui pendidikan. Oleh karena itu, UMY melalui LP3M  memberikan hibah dana senilai dua puluh lima juta Rupiah untuk penambahan gedung SD di tempat itu,” ujarnya saat menyerahkan dana bantuan.