Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas Unik! Lulusan PPG UAD 2024 Kenakan Pakaian Adat dan Panitia Pakai Baju Sekolah Rayakan Milad ke-43, UMY Gelar Workshop Fotografi Selami Sudut Kampus Mahasiswa KKN Muballigh Hijrah Diharap Ajur dan Ajer dengan Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan, Mahasiswa KKN UAD Bantu Warga Kelola Sampah Rektor Muchlas: UAD Lakukan Hilirisasi Inovasi Penelitian untuk Masyarakat

Kuliah Umum Duta Besar RI untuk Canberra: Berbagi Ilmu Dengan Mahasiswa UMY

BANTUL — Dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan beberapa mitra internasional melalui peningkatan kemampuan mahasiswa maupun dosen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerima kunjungan kerhormatan sekaligus mengadakan kuliah umum bersama dengan Duta Besar RI untuk Canberra yang diadakan pada hari Kamis (26/9) di Gedung K.H. Ibrahim UMY.

Kuliah umum ini bertemakan “Strategi dan Peluang Kerja Sama Indonesia dan Australia Khususnya dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Kemaslahatan Umat” yang dihadiri oleh Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY).

Drs. Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, Duta Besar RI untuk Canberra mengatakan saat kuliah umum bersama Mahasiswa HI UMY bahwasanya Indonesia mampu menjadikan Australia sebagai aset bagi kemajuan dan pengamanan kepentingan nasional dan menjadikan Australia menjadi sebuah peluang bukan menjadi sebuah tantangan. “Indonesia harus mampu menjadikan Australia sebagai aset. Indonesia dan Australia bisa bekerjasama dalam beberapa hal demi kemajuan dan pengamanan kepentingan nasional,” ujarnya.

Hal tersebut dikarenakan menurut Yohanes, Kedutaan Besar Indonesia dan Australia memiliki satu program yang sama, yakni Australia-Indonesia Comprehensive Strategic Partnership. Program kerjasama ini diantaranya melakukan upaya peningkatan kerjasama ekonomi dan pembangunan, connecting people, keamanan, kerjasama maritim dan stabilitas, serta meningkatkan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik. Selain itu juga Yohanes mengajak mahasiswa untuk berkesempatan magang di KBRI Canberra, Australia.

“Bagi Mahasiswa sekalian, kami membuka lebar khususnya bagi mahasiswa Muhammadiyah yang sedang belajar terkait Hubungan Internasional untuk berkunjung dan magang di KBRI Australia,” paparnya. Sementara itu, Dr. Nur Azizah, M.Si, Ketua Prodi HI UMY menyampaikan bahwa perlu adanya follow up untuk mengundang Duta Besar RI Canberra kembali. “Harapannya kami bisa mengundang kembali Duta Besar RI Canberra untuk mengisi soft skill, agar mahasiswa dapat belajar langsung pada pakarnya mengenai bagaimana cara bersikap yang tepat di hadapan segala pihak. Selain itu juga agar mahasiswa bisa lebih memahami kajian mengenai Australia yang merupakan negara tetangga langsung Indonesia, dan Australia bisa dijadikan aset pendidikan bagi mahasiswa,” tutupnya. (sofia)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here