News

News

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia Melawan Korsel di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

PCM Turi Jalin Ukhuwah untuk Umat Berkemajuan

SLEMAN — Gedung Dakwah Turi Sleman, pagi itu sangat meriah karena dipenuhi ratusan orang warga masyarakat yang mengikuti pengajian rutin Pimpinan Cabang Muhamadiyah (PCM) Turi Sleman, Ahad (29/9/2019).

Antusiasme itu nampak dari respon yang begitu semangat dari warga masyarakat yang hadir. Selain temanya menarik, yaitu jalin ukhuwah untuk umat yang berkemajuan, pengisi sesi motivasi dalam acara rutin itu juga sangat menginspirasi.

Materi yang disampaikan Drs H Dwiyono Iriyanto, MM, CPC, sangat menarik. Apalagi beliau seorang motivator nasional dan juga anggota Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhamadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Dwiyono, hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan perubahan menjadi pribadi yang lebih baik adalah mengubah mindset dan diri kita sendiri.

“Selanjutnya, persepsi positif yang harus kita bangun,” tandas Dwiyono, yang menambahkan sehingga mempunyai persepsi atau pikiran yang positif baik terhadap semua orang maupun dalam segala kondisi seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan itu, Drs H Dwiyono Iriyanto, MM, CPC, memberi motivasi di depan  300 orang peserta terdiri dari unsur Muhammadiyah, Aisyiyah, amal usaha Muhammadiyah (AUM), Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, KOKAM dan ortom lainnya se-Cabang Turi.

Dwiyono juga mengajak untuk menjadi pribadi yang bersyukur atas nikmat yang tiada tara diberikan Allah SWT. “Apa yang kita alami adalah yang terbaik menurut ketentuan Allah SWT,” kata Dwiyono.

Selain itu, kata Dwiyono, berbagi dan memberi kepada sesama sebagai bentuk rasa syukur dan yang mengisi pikirannya dengan hal-hal yang positif. “Sehingga dapat menghasilkan amalan dan prestasi,” tandasnya.

Dalam motivasi itu, Dwiyono juga menyampaikan lima hal, di antaranya adalah: ta’aruf, tafahum, ta’awwun, takaful dan tasamuh.

Untuk ta’aruf adalah suatu aspek habluminannas. “Di mana kesuksesan bisa diawali dengan mengenal orang lain dan karenanya supaya tidak timbul prasangka dan curiga wajar bila kita memperkenalkan diri,” kata Dwiyono.

Sedangkan tafahum adalah suatu pemahaman dari diri kita tentang orang lain, dilakukan lebih dulu sebelum orang lain memahami diri kita.

Ta’awwun adalah suatu penanaman rasa bahu-membahu, tolong-menolong, saling membantu. “Dengan harapan semoga target bisa tercapai,” papar Dwiyono.

Adapun takaful adalah suatu rasa nyaman dan aman dengan hadirnya kita. “Untuk itu jauhi situasi di mana kehadiran kita malah membuat sumpeg atau tidak nyaman,” kelakar Dwiyono.

Sedangkan tasamuh adalah suatu nilai agar bisa memperbesar rasa toleran kepada orang lain. Ditambahkan Drs Bambang Rahmanto, Ketua PCM Turi, apa yang disampaikan Dwiyono Iriyanto melalui motivasi yang sangat menarik dan mencerahkan itu akan menggugah semangat dan antusiasme warga Muhammadiyah beserta ortomnya untuk  bisa membangun ukhuwah. “Guna mencapai umat yang berkemajuan, baldatun thayibatun wa rabbun ghafur,” kata Bambang Rahmanto. (Arief)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here