H. Farhan AR: Teladan dalam Dakwah yang Sederhana, Bersahaja dan Dermawan

0
9

Oleh: Dani Putra

Namanya Drs. H. Farhan AR. Orang-orang biasa memanggilnya dengan pak Haji Farhan atau pak Farhan.

Beliau adalah ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok selama 2 periode, yaitu periode 2005 – 2010 dan 2010 – 2015.

Selain itu, beliau adalah putera KH. AR. Fakhruddin, ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang memimpin Muhammadiyah paling lama selama 4 periode kepemimpinan, yaitu pada tahun 1968 – 1990.

Saya mengenal pak Haji Farhan ketika saya kembali ke Depok pada tahun 2009 setelah menuntaskan pendidikan saya di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah selama 6 tahun. Dan saya kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Beliau adalah sosok yang bersahaja dan tidak akan merepotkan orang lain selama bisa dilakukannya sendiri. Dan beliau seolah menjadi duplikat dari ayahnya sendiri, yaitu KH. AR Fakhruddin Allahu yarham.

Walau saya tidak pernah bertemu dengan ayah beliau, namun seolah keteladanan tersebut melekat secara otentik, asli, dan tidak dibuat-buat oleh putranya.

Kesederhanaannya dan kebersahajaannya pertama kali saya lihat pada saat diminta untuk mengisi pengajian Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kukusan 2 dalam rangka menyambut Ramadhan beberapa tahun yang lalu, ketika beliau masih menjabat sebagai ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok periode 2010 – 2015.