Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Lima Program Studi di UMY Raih Akreditasi A dari BAN-PT 2019 dan LAM-PTKes 2019

BANTUL — Beberapa program studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT 2019, diantaranya Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, dan akreditasi A dari LAM-PTKes 2019 yaitu meliputi Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter Gigi, Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter, dan Program Studi Pendidikan dan Profesi Keperawatan. Hasil yang memuaskan ini merupakan target UMY untuk meningkatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang telah direncanakan hingga tahun 2022.

Dr.Suranto,M.Pol., Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY saat ditemui pada Rabu (16/10) di ruangannya menyatakan bahwa adanya kenaikan skor peningkatan dari akreditasi B kemudian mendapatkan akreditasi A, diantaranya Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI), Program Studi Pendidikan Dokter, dan Program Studi Profesi Dokter Gigi. “Ada peningkatan beberapa prodi yang awalnya mendapatkan akreditasi B menjadi akreditasi A, seperti MIHI mendapatkan skor 366, Pendidikan Dokter mendapatkan skor 364, dan Profesi Dokter Gigi mendapatkan skor 367. Selain itu, ada juga yang masih bertahan mendapatkan akreditasi A, yaitu Program Studi Pendidikan dan Profesi Keperawatan dengan skor 372 pada segi pendidikan keperawatan dan 373 pada segi profesi keperawatan,” jelasnya.  

Kemudian Suranto juga menjelaskan bahwa UMY memiliki target untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) hingga tahun 2022 yang mentargetkan 24 program studi dari 41 program studi di UMY memiliki akreditasi A. “Meningkatkan jumlah program studi di UMY agar terakreditasi A menjadikan syarat agar AIPT di UMY menjadi unggul. Oleh karena itu Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY diamanahkan untuk melakukan pencapaian akreditasi minimal separuh dari keseluruhan program studi yang ada di UMY. Oleh sebab itu, BPM menyusun strategi rancangan melalui pemetaan prodi dalam pembinaan akreditasi dan juga membuat daftar prodi  dengan akreditasi yang akan berakhir dan bertahan, yang kemudian nantinya akan didampingi sebelum upload ke BAN-PT dan LAM PTKes dengan mencapai target skor minimal 361,”imbuhnya.

Setiap prodi memiliki khas masing-masing dalam pencapaian indikator yang disesuaikan dengan BAN-PT diantaranya seperti visi misi yang menonjolkan keunggulan masing-masing prodi dan juga menonjolkan internasionalisasi yang disinkronkan dengan program tiap prodi. “Dilihat dari tata kelola penjaminan mutu masing-masing prodi, prestasi mahasiswa, kurikulum dan kontribusi alumni serta sumber daya dosen tetap dan sarana & prasarana, serta riset, pengabdian dan kerjasama merupakan indikator dari BAN-PT. Untuk mencapai indikator tersebut universitas memberikan dorongan penuh kepada semua prodi, seperti mendorong dosen di UMY untuk melakukan riset satu tahun sekali dan mendorong dosen untuk rutin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat,” tutupnya. (Sofia)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here