KH. Kahar Muzakkir Sosok Pahlawan Nasional Yang Luput Dari Pengetahuan Masyarakat

0
2

BANTUL — Kemerdekaan Indonesia yang telah berdiri sejak 74 tahun silam tentunya tidak akan pernah lepas dari peran serta pahlawan nasional dalam memperebutkan kemerdekaan ini dari para tangan penjajah. Namun tidak semua tokoh yang berjasa dalam kemerdekaan ini diakui sebagai pahlawan nasional. Bahkan beberapa diantaranya jarang sekali didengar namanya dalam catatan sejarah manapun. Salah satunya yakni Prof. KH. Abdul Kahar Muzakkir merupakan ulama dan pejuang kemerdekaan yang jarang sekali kita dengar namanya di deretan para tokoh pejuang kemerdekaan.

Guna mengingatkan sosok mulia beliau Program Doktor Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan acara Seminar Kemuhammadiyahan dan Kebangsaan “Prof. KH. Abdul Kahar Muzakkir”. Acara ini menghadirkan pembicara para tokoh besar muhammadiyah seperti  Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si (Ketua Umum PP Muhammadiyah), Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., CBE (Sejarawan), Prof. Jawahir Thontowi, S.H. Ph.D. (Ahli Hukum Internasional), dan Dr. Mutiah Amini, M.Hum (Dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM). Dalam sambutannya Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP menyampaikan bahwa “kalangan anak muda harus mengenal tokoh pejuang kemerdekaan seperti KH. Mudzakkir agar bisa menghargai jasa para pahlawan yang kurang diperhatikan banyak orang padahal jasanya sangat besar bagi bangsa ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si juga menyampaikan bahwa ini merupakan tugas baru bagi UMY untuk menuliskan buku tentang KH. Muzakkir, agar semakin banyak khalayak yang mengenal sosok beliau. “Sekaligus menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan nasional kepada beliau, karena beliau tidak hanya berperan dalam kemerdekaan Indonesia tetapi juga berperan dalam forum internasional. Di samping itu beliau juga menjadi bagian dari anggota BPUPKI, Panitia 9 dan Pendiri Universitas Islam Indonesia,” paparnya.