Mu’allimin Tradisikan Kajian Kitab Biografi Rasulullah SAW

0
2

YOGYAKARTA — Untuk memperteguh pendidikan karakter dan budi pekerti luhur bagi santri, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta melakukan berbagai upaya edukatif kepada peserta didiknya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berasrama (boarding school) dengan konsep long day education, madrasah tertua di Indonesia itu selipkan matan pendidikan kepribadian kepada para santrinya di luar jam pembelajaran reguler di kelas.

Bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/19), sebanyak 300 orang santri Asrama 1 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari kelas XI IIK dan kelas program multilingual, melakukan  kajian kitab “Nurul ‘Uyun” yang merupakan biografi Nabi Muhammad SAW.

Kitab karya Ibnu Sayyidin Nas itu merupakan ringkasan dari kitab “‘Uyunul Atsar” yang membahas biografi Nabi Muhammad SAW secara mendalam.

Ibnu Sayyidin Nas (734 H) merupakan pakar penelitian hadits dan sejarawan, yang kedua orangtuanya berasal dari Andalusia dan kemudian berpindah ke Kairo Mesir demi menghindari gejolak politik yang terjadi di Andalusia.