Edukasi Masyarakat Tolak Politik Uang, UMY Berhasil Raih 3 Penghargaan Bawaslu Award

0
2

BANTUL — Pesta demokrasi Republik Indonesia yang dirayakan melalui Pemilihan Umum (Pemilu) serentak memang telah usai. Banyak kalangan yang ikut terlibat dalam menyukseskan perhelatan akbar 5 tahunan ini, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang ikut terlibat sebagai mitra strategis Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) dalam pelaksanaan pengawasan pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD serta pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019. 

Guna mendukung terlaksananya Pemilu yang aman, damai, dan bersih, UMY berkomitmen untuk turut aktif dalam pengawasan Pemilu melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Pengawasan Pemilu bekerjasama dengan Bawaslu RI. Sebanyak 186 mahasiswa dikirimkan ke 22 desa, yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta. Mulai dari tanggal 25 Maret sampai 24 April 2019 mahasiswa KKN terjun di masyarakat guna mendukung kelancaran Pemilu Legislatif dan Capres-Cawapres 2019.

Atas kerja keras tersebut, UMY berhasil meraih penghargaan dari Bawaslu RI dalam ajang Bawaslu Award Jumat, (25/10) di Jakarta. Kategori penghargaan yang berhasil diraih UMY adalah Mitra Kontribusi Strategis Bawaslu, dan 2 kategori diberikan kepada Dosen Ilmu Pemerintahan UMY Bambang Eka Cahya Widodo, S.IP., M. Si dengan membangun organisasi Bawaslu RI, dan sebagai inisiator Gerakan Anti Politik Uang melalui Program Desa Anti Politik Uang (APU).