Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika

BANTUL — Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan PPM itu berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex dan Geogebra di SMP Muhammadiyah se-Kecamatan Pleret.

Kegiatan diawali pada 7 – 8 Agustus 2019 berupa penyuluhan dan pelatihan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex dan Geogebra  bertempat di SMP Muhammadiyah Pleret, Bantul, diikuti guru-guru matematika SMP Muhammadiyah Pleret dan MBS Pleret.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan pada 13 September 2019 di SMP Muhammadiyah Pleret berupa pendampingan pembelajaran matematika dengan menggunakan Geogebra.

Kegiatan pengabdian ini menghadirkan narasumber Rusmining, M.Pd dan Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc, keduanya dosen Pendidikan Matematika FKIP UAD. Selain itu melibatkan salah seorang mahasiswa Diyan Fiki Iskandar sebagai narasumber.

Pada kesempatan itu Rusmining, M.Pd memaparkan jenis-jenis bahan ajar matematika, dilanjutkan pembuatan bahan ajar matematika dengan menggunakan Latex oleh Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc. Sedangkan Diyan Fiki Iskandar memaparkan materi tentang Geogebra dan penggunaannya dalam pembelajaran geometri di sekolah.

Menurut tim pelaksana pengabdian, kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan mendapatkan tanggapan yang positif dari para guru, kepala sekolah, serta siswa.

“Guru merasa sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan pengabdian ini, terutama menambah wawasan para guru tentang bahan ajar matematika dan cara penggunaanya,” kata Rusmining, M.Pd, didampingi Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc.

Bagi Dian AY, siswa sangat antusias saat pembelajaran matematika menggunakan software Geogebra. “Harapan dari kepala sekolah dan para guru adalah perlu diadakan kegiatan lanjutan yang serupa guna menambah wawasan dan ketrampilan guru dalam membelajarkan matematika kepada siswa,” ungkap Dian AY, MSc, Senin (28/10/2019). (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here