Kesehatan

Kesehatan

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
RS PKU Bantul Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Program Penanggulangan Tuberkulosis Oleh Dinkes DIY Inilah Manfaat Bekam dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Tempuh Jarak Hingga 20 Km, Kurir Pos Indonesia Siap Antar Obat RS PKU Yogya ke Pasien Antar Obat ke Pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogya Luncurkan FAST MENTARI Clubfoot: Upaya MPKU PP Muhammadiyah Optimalkan Penyembuhan Kaki Pengkor Seminar Cegah Stunting RS PKU Yogya: Berat Bayi Rendah Harus Diperhatikan Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan Milad ke-111 Muhammadiyah, RS PKU Muhammadiyah Sleman Dilaunching RS PKU Kota Yogya Adakan Jalan Sehat, Kampanyekan Risiko Kelahiran Prematur   PDM Langkat Gandeng Berbagai Pihak Selenggarakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Sehat dalam Genggaman Tangan Kecil dari RS PKU Muhammadiyah Bantul Atasi Stunting, KL Lazismu Kotagede Gandeng Puskesmas dan BKKBN DIY RSU PKU Muhammadiyah Bantul Mampu Bersaing Secara Nasional dan Internasional Pastikan Penanganan Cedera Atlet Benar, LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera Olahraga Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, RS PKU Bantul Gelar Lomba Cuci Tangan dan Ice Breaking Tim EMT PKU Muhammadiyah Bantul Berlatih Penanganan Bencana Gempa Bumi Layanan Kesehatan Gratis Jadi Kontribusi Kongkret Mahasiswa tarjih Muhammadiyah Pada Masyarakat Gandeng Kemenkes RI, PP Muhammadiyah Mulai Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Generasi Muhammadiyah UAD Juara Pertama PCTA 2018 Kementerian Pertahanan RI Tapak Suci UAD Yogyakarta Selalu Meraih Juara

15 Lembaga Kemanusiaan FPRB DIY Ikuti Vaksinasi di RS PKU Muhammadiyah Bantul

BANTUL — Sebanyak 15 lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengirimkan relawannya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, Senin 21 Juni 2021. Kegiatan di RS PKU Muhammadiyah Bantul ini didukung Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Comnand Centrer) PWM DIY.

Direktur Pelayanan Medik RS PKU Muhammadiyah Bantul, dr Nurcholid Umam, Sp.A, M.Sc, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan pengakuan terhadap peran para relawan di era pandemi Covid-19. “RS PKU Muhammadiyah Bantul siap bekerjasama dengan semua unsur pejuang pandemi Covid-19 dan mendukung kesehatan seluruh masyarakat baik secara kuratif, preventif, maupun promotif,” tegasnya.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan semua pihak di DIY semakin kompak dalam penanganan Covid-19. “Dan tetap sehat untuk bahu membahu melawan pandemi Covid-19 yang akhir-akhir ini semakin meningkat,” kata dokter Umam.

Kesehatan merupakan modal dasar untuk bekerja. Ia berharap, dengan vaksinasi ini seluruh relawan di DIY dapat memiliki imunitas terhadap virus dan tetap sehat selama pandemi Covid-19.

Sementara itu Arif Jamali Muis, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, menjelaskan upaya yang ditempuh dalam vaksinasi selama ini, MCCC DIY bekerja sama dengan RS Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah serta Dinas Kesehatan. Pihaknya terus berupaya untuk mempercepat vaksinasi di Yogyakarta.

“Upaya tersebut sebagai bagian penting dalam mencapai kekebalan komunitas sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Arif Jamali.

Ia berharap, seluruh masyarakat bisa tervaksin dengan baik. Tugas Muhammadiyah adalah membantu masyarakat serta pemerintah sebagai implementasi dari Islam rahmatan lil ‘alamin.

Sementara itu Taufiq AR, Ketua FPRB DIY, mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada MCCC DIY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul yang telah mau berbagi alokasi vaksin. Semoga kolaborasi dan sinergi antarkomponen pentahelix yang harmonis di DIY ini bisa menjadi inspirasi dan direplikasi oleh pemerintah daerah lain di Indonesia.

Melalui program ini, Forum PRB DIY menyampaikan pesan pada pemerintah agar memberikan perhatian kepada para relawan dan aktivis kemanusiaan yang selama ini sudah melakukan kerja-kerja kemanusiaan membantu pemerintah dalam menolong dan melayani warga.

Vaksinasi Covid-19 bagi aktivis dan relawan kemanusiaan tidak saja melindungi mereka.  “Namun niscaya juga melindungi warga yang dibantu, dilayani dalam interaksi dengan mereka,” kata Taufiq AR.

Data Satgas Covid-19 DIY menunjukkan trend peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19. Pada tanggal 20 Juni  2021 terjadi penambahan sebanyak 665 kasus sehingga total terkonfirmasi menjadi  52.641 kasus.

Penambahan kasus sembuh 280 kasus sehingga total sembuh menjadi 45.635 kasus dan penambahan kasus meninggal sebanyak 15 kasus sehingga total kasus meninggal menjadi  1.367 kasus. (asa)


Rilis Berita dari Budi Santoso, Tim Media MCCC PWM DIY.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here