Kemenkes RI dan UMY Kerjasama Luncurkan Program Kampus Sehat

0
0

BANTUL — Saat ini Indonesia sedang mengalami  beban ganda penyakit dengan 70 persen Penyakit Tidak Menular (PTM) yang masih belum teratasi  secara tuntas. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membuat terobosan untuk optimalisasi pencegahan dan pengendalian penyakit  tidak menular pada kelompok usia produktif di lingkungan perguruan tinggi dengan program kampus sehat.

Bekerja sama dengan Majelis Diklitibang PP Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kemenkes meluncurkan program kampus sehat yang diadakan pada hari Sabtu (2/11) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini diawali dengan senam sehat bersama dan bersepeda bersama sekaligus penandatangan nota kesepahaman dan kerjasama antara  Kemenkes RI dengan Majelis Diklitibang  PP Muhammadiyah dan UMY yang bertujuan untuk mendukung program pencegahan dan pengendalian penyakit, serta meningkatkan derajat kesehatan seluruh civitas akademika Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

dr. Anung Sugihantono,M.Kes., Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada sambutannya menyampaikan bahwa banyaknya penyakit tidak menular yang terjadi di dunia terkhusus di Indonesia menjadi sesuatu hal yang normal atau biasa disebut dengan ‘the normal situation’ seperti maraknya penyakit hipertensi, diabetes, stoke dan kanker. Oleh karena itu hal tersebut seharusnya menjadi situasi yang mengkhawatirkan.