Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Mahasiswa Prodi BSA UAD Yogyakarta Raih Juara di Malaysia

YOGYAKARTA — Siti Muflikhah Uswanas, mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, meraih juara 2 lomba “Arabic Speech” (pidato bahasa Arab) dan juara 3 diraih oleh Alfi Rahmi Yasmen untuk lomba story telling bahasa Arab dalam kegiatan International Modern Language Competition yang diadakan Universiti Teknologi Mata (UiTM), Shah Alam, Malaysia, pada 29 Oktober 2019 sampai 2 November 2019.

Dalam olimpiade bahasa modern (modern language olympiad) tahun 2019, UAD Yogyakarta mengirimkan 3 delegasi untuk ikuti lomba: English Speech, Arabic Speech dan Arabic Story Telling.

Modern Language Olympiad (MLO) ini merupakan lomba bahasa tingkat internasional, yang kali pertama diadakan Akademi Pengajian Bahasa (APB) Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Pada kompetensi bergengsi bertemakan “merayakan pemuda, bahasa dan budaya” kali ini, tiga orang mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UAD: Muhammad Ichlasul Amal Rifai, Siti Muflikhah Uswanas dan Alfi Rahmi Yasmen, meraih juara.

Pada kesempatan itu, Muhammad Ichlasul Amal Rifai masuk sampai preliminary 2.

“Ini perlombaan yang sangat berat dan penuh tantangan,” ungkap Dr Yoyo Bin Ardi Thahir, Sabtu (2/11/2019).

Dalam kompetisi bahasa pertama yang diselenggarakan Akademi Pengajian Bahasa (APB) itu diikuti mahasiswa semua tingkatan dari negara-negara ASEAN.

Bagi Dr Yoyo Bin Ardi Thahir selaku Kaprodi BSA dan pembimbing, mahasiswanya harus bertandang di luar dengan juri lomba yang sangat ketat.

“Perolehan juara ini merupakan perolehan lomba internasional yang pernah diraih Siti Muflikhah karena sebelumnya pada Desember 2018 pernah meraih juara dua dalam lomba essai bahasa Arab yang diadakan Koleje Universiti Islam Selangor Malaysia,” papar Yoyo bin Ardi Tahir.

Menurut Yoyo, capaian itu cukup membuktikan bahwa mahasiswa Prodi BSA UAD Yogyakarta mampu bersaing pada perlombaan internasional di luar negeri. Melalui kegiatan yang diikuti itu, Prodi BSA UAD Yogyakarta ingin menjadi yang lebih baik dari peserta lainnya. “Dan kami sangat mengapresiasi mahasiswa yang telah mengikuti lomba itu,” kata Yoyo. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here