Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Menhub Berikan Orasi Ilmiah di Unisa Yogyakarta

YOGYAKARTA — Mahasiswa Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengikuti orasi ilmiah dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia mengenai konsep transportasi masa depan di Hall Baroroh Baried, Minggu (3/11/2019).

Orasi ilmiah dengan tema “Kebijakan Smart City Smart Mobility sebagai Solusi Transportasi Berwawasan Lingkungan” disampaikan langsung  Menhub Ir Budi Karya Sumadi di depan 400 orang peserta.

Menurut Budi, kawasan perkotaan menjadi magnet bagi sebagian besar penduduk. “Kelengkapan fasilitas dan peluang faktor ekonomi merupakan daya tarik utamanya,” kata Budi. Keadaan ini, menurut Budi, memberi imbas terhadap banyak hal. “Satu di antaranya adalah pencemaran udara yang kian meningkat disebabkan pertumbuhan kendaraan pribadi,” paparnya.

Budi juga menjelaskan konsep transportasi masa depan, didorong pada angkutan yang lebih modern dan terintegrasi.

“Program yang paling utama adalah memberikan pelayanan pada daerah terluar,” ujarnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dra. Hj. Siti Noordjannah Djohantini, MM, M.Si mengapresiasi hadirnya Menteri Perhubungan yang memberikan orasi ilmiah di kampus Unisa Yogykakarta.

“Dengan hadirnya pak Menteri pada hari libur ini menunjukkan bahwa kerja-kerja kementrian pemerintahan Jokowi mengikuti kultur di Muhammadiyah dan Aisyiyah,” kata Noordjannah.

Kata Noordjannah, di mana kerja-kerja sosialnya tidak mengenal hari libur dan biasanya dilaksanakan di hari Jum’at, Sabtu atau Ahad. “Apalagi penamaan kabinetnya Indonesia maju seperti sejalan dengan misi Muhammadiyah, yaitu Indonesia berkemajuan,” katanya.

Rektor Unisa Yogykarta, Warsiti, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat, mengatakan, saat ini Unisa Yogyakarta sebagai universitas telah memasuki tahun ke empat dengan jumlah 6.200 orang mahasiswa dari 3 fakultas dan 20 program studi yang tersebar dari 34 provinsi sekaligus dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Belanda dan Timor Leste. 

Saat ini, Unisa seperti miniatur Indonesia yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang jumlah penduduknya hampir 4 juta orang dan akan terus bertambah. “Belum termasuk penduduk yang tidak menetap seperti mahasiswa,” tandas Warsiti, yang menambahkan ini juga yang menjadi kepedulian Unisa Yogyakarta.

Melalui orasi ilmiah Menteri Perhubungan RI diharapkan bisa membuka wawasan terkait kebijakan smart city smart mobililty sebagai solusi transportasi berwawasan lingkungan. Selain itu, orasi ilmiah ini juga dalam rangka mengaktualisasikan pusat-pusat keunggulan Unisa yang berwawasan kesehatan dan basis nilai-nilai Islam berkemajuan. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here