Manfaatkan Sampah Untuk Pendidikan, Tim PPM PBI UAD Adakan Pelatihan Berbasis Zero Waste Concept

0
30

YOGYAKARTA — Salah satu efek dari kehidupan modern saat ini adalah produksi sampah/limbah yang cukup tinggi. Permasalahan sampah ini telah menjadi perhatian dan kekhawatiran pada semua kalangan, termasuk di kalangan pendidik. Dalam kapasitasnya sebagai pendidik,  Tim PPM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan turut memberikan kontribusi nyata dalam memecahkan permasalahan terkait pemanfaatan sampah dalam bidang pendidikan.

Terkait dengan hal tersebut, Tim Pengabdian Pada Masyarakat Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (PPM PBI UAD) menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan pengembangan media pembelajaran yang berbasis ‘zero waste concept’ dengan tujuan untuk membantu guru Bahasa Inggris agar mampu mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak SD yang berbasis zero waste, bersifat green living yang low cost dan bahkan no cost.

Kegitan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dalam rangkaian yang cukup panjang. Rangkaian pertama kegitan ini berupa pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis zero waste yang telah diikuti oleh Guru Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah di lingkungan Kotamadaya Yogyakarta dan Kabupaten Bantul dibawah koordinasi PDM Kota Yogyakarta. Kegiatan ini berupa pelatihan dan lokakarya sehari dengan nara sumber Bapak Drs. Sungkono, M.Pd., seorang ahli pengembangan media pembelajaran sekaligus dosen senior di salah satu PTN di Yogyakarta. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 bertempat di Kampus IV UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul Yogyakarta.