Pelatihan Pengembangan Soal Berbasis HOT Potatoes bagi Guru SMP Muhammadiyah Kretek dan Pundong

BANTUL — Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Yogyakarta terdiri dari: Soffi Widyanesti Priwantoro, M.Sc dan Siti Nur Rohmah, M.PMat melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) berupa pelatihan pengembangan soal berbasis Hot Potatoes bagi guru-guru di SMP Muhammadiyah Kretek Bantul dan SMP Muhammadiyah Pundong Bantul.

Pelatihan pengembangan soal berbasis Hot Potatoes telah dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Agustus 2019 dengan materi: apersepsi tentang evaluasi pembelajaran, menggunakan aplikasi JQuiz, menggunakan aplikasi Jmix, menggunakan aplikasi Jcross, menggunakan aplikasi Jmatch, menggunakan aplikasi Jcloze, dan menggunakan aplikasi the smasher.

Pada kegiatan itu, guru secara langsung mempraktekkan mengembangkan soal dengan menggunakan Hot Potatoes.

Sehingga di akhir pertemuan atau pelatihan itu guru mempunyai beberapa soal evaluasi untuk dipraktekkan di kelas dengan menggunakan aplikasi Hot Potatoes.

Masing-masing guru juga bisa mengembangkan soal minimal dengan menggunakan dua pilihan aplikasi yang ada di Hot Potatoes sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.