Lewat Pendidikan, Muhammadiyah Tingkatkan Kemapanan Bangsa

0
5

BANTUL — Tepat pada 18 Rabi’ul-Awal 1441 Hijriyah atau 18 November 2019 Masehi, Muhammadiyah telah memasuki usia yang ke-107. Pergerakan organisasi yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan ini telah banyak memberi kontribusi nyata bagi Bangsa Indonesia, salah satunya pendidikan. Untuk kembali memompa semangat dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi pada bidang pendidikan. Muhammadiyah mengambil tema “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” pada milad tahun ini.

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Agung Danarto, M.Ag. menjelaskan bahwa pada perayaan milad kali ini, Muhammadiyah akan kembali memperkuat posisinya untuk selalu memberikan kontribusi bagi umat.

“Tahun ini kami mengambil tema milad “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” dan tema ini sebenarnya klasik bagi Muhammadiyah. Karena sejak awal salah satu fokusnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada era saat ini tema mencerdaskan kehidupan bangsa dirasa perlu semakin diperkokoh oleh Muhammadiyah. Kemudian Muhammadiyah juga perlu untuk mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk senantiasa membangun kehidupan bangsa melalui pendidikan,” ujarnya saat melakukan konfrensi pers Milad Muhammadiyah ke-107, Sabtu (16/11) di Lobi Rektor Gedung Ar. Fakhruddin A. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Agung Danarto juga memaparkan bahwa cerdas memiliki beberapa makna. Pertama adalah memiliki banyak ilmu dan berbagai informasi. Kedua adalah sikap kritis yang ditunjukkan dengan tidak menelan informasi mentah-mentah, tetapi harus melakukan tabayyun terlebih dahulu. Terakhir, orang cerdas itu dapat berfikir visioner dalam rangka untuk menciptakan masyarakat utama yang adil dan makmur.