Siti Hadiroh: Pribadi yang Keukeuh Mempertahankan Prinsip

0
28

YOGYAKARTA — Perempuan berkemajuan yang tinggal di kampung Kauman, Yogyakarta, Hj Siti Hadiroh Ahmad (70) adalah sosok yang istimewa di keluarganya.

Karakter isteri penghulu Keraton Yogyakarta, KRT Ahmad Kamaludiningrat, sangat kuat dalam membentuk anak-anaknya menjadi pribadi yang “keukeuh” mempertahankan prinsip.

Dan, satu hal yang selalu diingat Hj Widiyastuti, SS, M.Hum, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, adalah perhatian seorang ibu pada dirinya.

“Nok, kowe nang Kauman saiki yo, limang menit wae,” begitu kata Siti Hadiroh pada anak sulungnya itu. Padahal, jarak antara kantor tempat dia bekerja dengan kampung Kauman lebih dari 20 menit. “Alhamdulillah, aku ora pernah semaya nek ditimbali ibu,” ungkap Widiyastuti, yang menambahkan kalau ketemu sama ibunya ya intinya cuma mau cerita saja.

Banyak orang yang bilang dia mirip sama ibunya: Hj Siti Hadiroh Ahmad, S.Pd. Ibunya, mantan pengurus Pimpinan Pusat Aisyiyah sekaligus keponakan Siti Baroroh Baried (alm).