News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Sumur Asa di Tanah Kering Wangon Serut Gedangsari

SLEMAN — Penyerahan bantuan sumur bor untuk warga Wangon Serut, Gedangsari — kerjasama LPB PDM Sleman, MDMC PP Muhammadiyah, Baitul Mal Bank Muamalah, LazismubPCM Gedangsari — dilaksanakan pada Ahad, 17 November 2019 yang dibingkai dalam pengajian tasyakuran 107 tahun Muhammadiyah, yang dihadiri ratusan orang warga Muhammadiyah Gedangsari yang memenuhi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah dan Mushola Al Ikhlas Serut.

Ketua panitia, Muhtar Sholikin, S.Pd, yang juga Ketua Lazismu Gedangsari, menyampaikan, kemarau yang panjang kali ini direspon LPB dengan pengiriman ratusan tangki air. 

Menurut Muhtar, LPB Sleman bersama MDMC PP Muhammadiyah merespon hal itu dengan pembuatan sumur bor yang proses persiapan pengeboran dilakukan sejak 24 Oktober 2019. “Akhirnya membuahkan hasil air bersih,” kata Muhtar yang menerangkan kedalaman sumur 102 meter menghabiskan biaya sebesar Rp 30 juta.

Bantuan dana itu berasal dari Baitul Mal Bank Muamalah Yogyakarta, swadaya masyarakat Serut berupa material dan tenaga serta keikhlasan dari keluarga Hasto Wiyono yang tanahnya digunakan sebagai lahan sumur bor.

Penandatanganan prasasti bantuan sumur bor  dilakukan H. Budi Setiawan ST dari MDMC PP Muhammadiyah dan Teten Kustiawan dari Baitul Mal Bank Muamalah Yogyakarta, disaksikan  Camat Gedangsari, PCM Gedangsari, tokoh desa Serut, M Fauzan S.Hum (LPB PDM Sleman), Arief H, Sumarah, S.Pd, Arif Nur Kholis, dan Plt Kepala Desa Serut.

Budi Setiawan menandaskan, air sebagai sumber kehidupan disebutkan dalam Al-Qur’an. “Hal ini menunjukkan betapa Allah SWT mengatur kehidupan ini dengan sempurna terhadap makhluknya,” kata Budi Setiawan.

Pelajaran dan hikmah dari kekeringan kali ini, menurut Budi Setiawan, adalah bagaimana kita dituntun untuk berikhtiar mengatasinya. “Dan itu harus diwujudkan dengan kesyukuran serta tidak menjadikan kita kufur atas nikmat,” tandas Budi Setiawan.

Dikatakan Budi, air dari sumur bor ini untuk kemaslahatan umat dan jamaah di Serut yang jumlahnya mencapai 300 orang jiwa.

Sementara itu, Drs H Satmono Dadi dari PDM Gunung Kidul menyampaikan, warga Serut jangan ketinggalan juga untuk bersodakoh untuk menyempurnakan distribusi air sampai ke rumah masing-masing. “Karena ini juga menjadi kesempatan emas bersodakoh yang pahalanya terus mengalir,” kata Satmono Dadi. Dan upaya agar sumur bor ini bisa dikelola dengan bijak, dengan membentuk kelompok pengelola secara tertata agar manfaatnya semakin optimal.(*\)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here