Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Mahasiswa UAD Raih Juara Pertama Lomba Efornec 2019

YOGYAKARTA — Anton Yudhana, ST, MT, Ph.D, dosen Teknik Elektro FTI UAD Yogyakarta, berhasil mengantarkan mahasiswa bimbingannya meriah juara dalam lomba esai mahasiswa tingkat nasional di Makassar, Sulawesi Selatan.

Berkaitan hal itu, Anton mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi dalam mendukung tim UAD ikuti kegiatan Efornec 2019.

“Saya juga berterimakasih kepada Bimawa UAD yang dengan kerja keras mendorong mahasiswa ikut kegiatan itu hingga meraih juara pertama,” papar Anton, Selasa (10/12/2019).

Dalam lomba yang diadakan oleh Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat UNM (Universitas Negeri Makassar) tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengirimkan 1 tim dengan 2 anggota: Sariningsih dan Renangga Yudianto.

Mereka berdua memaparkan RAS-S (Radar and Satellite System): Pengolahan Citra 4D untuk menanggulangi IUU fishing dalam upaya meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, tim UAD Yogyakarta mendapatkan juara pertama dalam lomba ini,” terang Danang Sukantar, M.Pd, Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD Yogyakarta.

Selain itu ada juga Sukarjo yang sampaikan Tol Wisata Laut: Pengintegrasian Daerah Wisata ke Kabupaten Kepulauan Selayar, tapi tidak lolos.

Selain Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang meraih juara pertama, ada pula Institut Pertanian Bogor (IPB) yang raih juara kedua, dan Universitas Islam Alaudin Makassar sebagai juara tiga.

Dijelaskan Danang Sukantar, Efornec (Economic Forum and National Essay Competition) ialah sebuah perlombaan esai tingkat nasional yang ditujukan buat para mahasiswa dan mahasiswi aktif dari Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di seluruh wilayah di Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar.

Adapun tema kali ini adalah implementasi sumber daya maritim dalam mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan sebagai pusat ekonomi maritim.

Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Economic Forum and National Essay Competition (Efornec) 2019 di Hotel La Macca, Minggu (8/12/2019) lalu. Sebelumnya diadakan di Ballroom D Lantai 2 Phinisi UNM.

Kegiatan itu, seperti dijelaskan Danang Sukantar, diusung dengan dua paket: esai tingkat nasional dan talkshow tingkat nasional.

Ditambahkan Anton Yudhana, lomba esai tingkat nasional itu diikuti sepuluh universitas se-Indonesia yang telah lolos seleksi ke tahap final: Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Politeknik Medan, Universitas Hasanuddin, Universitas Mataram, Telkom University, Universitas Airlangga, Universitas Dian Nuswantoro, Institut Pertanian Bogor (IPB), UIN Alauddin Makassar dan Universitas Hasanuddin.

Sebagaimana dikatakan Renangga Yudianto, ia mengikuti kegiatan lomba ini agar dapat menggali lebih banyak lagi pengetahuan mengenai ekonomi maritim.

“Dapat belajar lebih banyak lagi bagaimana cara mengembangkan ekonomi maritim ke depannya,” kata Renangga Yudianto.

Sementara itu, Sariningsih mengungkapkan, dengan diadakannya lomba itu dia dapat lebih paham dan lebih berperan aktif dalam mengembalikan kejayaan di Sulawesi Selatan.

“Di masa lampau, Sulawesi Selatan menjadi pusat ekonomi maritim di Indonesia timur,” ungkapnya. Pada kesempatan itu digelar pula talkshow Economic Forum “Kemunduran Ekonomi Maritim: Sulsel di Masa Depan dan Tantangan Mengembalikan Kejayaan” dengan narasumber Dinas Kelautan dan Perikanan, Bank Indonesia dan Dinas Koperasi. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here