Muhammadiyah Adakan Pelatihan Kader HW

0
5

BANTUL — Tantangan bagi generasi milenial terhadap persoalan lingkungan akan semakin kompleks, yang ditandai dengan berbagai perubahan pola hidup dan perkembangan zaman. Perubahan pola hidup ditunjukkan dengan perkembangan teknologi yang berorientasi serba cepat dan instan, hal itu nantinya akan mempengaruhi sikap generasi milenial terhadap lingkungan.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Pelatihan Kader Lingkungan Muhammadiyah untuk delegasi Hizbul Wathan tingkat SMA/Sederajat dari seluruh Kwartir Wilayah HW se-Jawa dan Bali, Sabtu (21/12).

Ketua MLH PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Ir. Muhjidin Mawardi, M.Eng mengatakan, elaksanaan pelatihan kader lingkungan bagi Kader HW dari Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memiliki harapan agar para anak muda milenial memahami teologi dan fiqh lingkungan, pengelolaan sampah dan air hujan, eco building, sanitasi lingkungan, eco falming dan eco life.

“Alasan Hizbul Wathan (HW) menjadi target pelatihan kader lingkungan adalah karena mereka merupakan representasi generasi milenial Muhammadiyah yang memiliki fokus pada kepanduan, kepedulian terhadap lingkungan, dan dibekali pemahaman terhadap menjaga lingkungan.

Selain itu, ada juga Organisasi Otonom (ORTOM) lain yang dilatarbelakangi anak-anak muda agar dilibatkan menjadi Kader Lingkungan Muhammadiyah,” jelas Muhjidin lagi.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P. menekankan manusia diciptakan tidak hanya untuk berhubungan dengan Allah, sesama manusia, tetapi juga berhubungan dengan alam atau lingkungan hidup.