Menjaga Pandangan Adalah Spirit Seorang Mujahid

SLEMAN — Tingginya semangat mujahid seorang mukmin, hebatnya kualitas hafalan dan predikat lain yang tersemat pada diri seorang mukmin terancam sirna oleh karena satu hal, yaitu ketika seorang mukmin tersebut tidak mampu mengendalikan pandangan.

Hal itu disampaikan Kang Marwan Hamid, Komandan Kokam Daerah Sleman, pada kegiatan silaturahim Kokam se-Sleman pada hari Senin, 23 Desember 2019 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Turi, Sleman.

Pada zaman itu, menurut Marwan Hamid, begitu banyak pandangan yang sangat menggoda iman. “Pandangan yang dimaksud, misalnya pada diri seorang wanita yang cantik, indah dan sangat menggoda,” kata Marwan Hamid.

Kehadiran pemandangan semacam itu, bagi Marwan Hamid, ada kalanya akan merusak konsentrasi dzikir kita pada Allah SWT. “Dan pada gilirannya akan menghancurkan keimanan kita, oleh karena pandangan yang tak terkendali tersebut diikuti dengan nafsu syahwat yang terus bertambah,” paparnya.

Oleh karena itu, menurutnya, wajib hukumnya bagi kita sebagai seorang mujahid yang senantiasa berada di garda depan perjuangan Islam untuk mengendalikan pandangan kita dari hal-hal yang akan merusak kualitas iman kita.

Sejarah telah mencatat, ada seorang jenderal perang dari pasukan Islam ketika terjadi perang besar menghadapi Kerajaan Romawi.

Dia tak hanya hebat ketika berada di tengah pertempuran. Namun dia juga seorang hafidz dan sangat taat ibadahnya.