Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Aksi Falahi SMA Muhi Gelar Bersih Pantai Goa Cemara

BANTUL – Falahi (Tafakkur Alam Muhi), organisasi pecinta alam SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, menggelar Latihan Gabungan bersama organisasi pecinta alam MAN 3 Sleman, Palagama Mayoga. Kegiatan digelar Ahad (26 Muharram 1445 H bertepatan 13 Agustus 2023) di Pantai Goa Cemara Bantul.

Kegiatan Latihan Gabungan ini dikemas menjadi acara bersih pantai, diikuti 40 peserta didik kelas X – XII yang menjadi anggota Falahi.

Peserta kegiatan berkumpul di sekolah pukul 07.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pelepasan secara simbolis oleh Wakil Kepala Urusan Kesiswaan SMA Muhi, Edo Lestari, M.Psi., di halaman sekolah. Ia berpesan agar seluruh peserta dapat menjaga nama baik diri sendiri dan institusi selama kegiatan latihan gabungan ini berlangsung.

Sebelum berangkat menggunakan bus, acara diawali doa bersama. Sekitar pukul 08.30 WIB rombongan tiba di Pantai Goa Cemara.

Setelah pengkondisian di lokasi selesai, peserta langsung bergerak secara berkelompok untuk melakukan kegiatan bersih pantai. Para peserta juga melakukan edukasi kepada wisatawan untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Guru Pembimbing, Syadah Khusniawati, M.S.I., mengatakan bahwa kegiatan ini salah satu upaya wisata edukasi dan tadabbur alam bagi anggota Falahi. Tadabbur alam merupakan sebuah aktivitas belajar dalam rangka mengenali segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, sekaligus mengenali dan mencintai Allah SWT.

“Dengan tadabbur alam, manusia bisa lebih dekat dengan alam dan juga Tuhan-Nya, sehingga bisa menjaga dan melestarikan alam dan menjalankan perintah-Nya,” paparnya.

Menurut Riksanto, Pembina Falahi, dengan menjaga kebersihan pantai maka akan terjaga juga ekosistem kehidupan biota di laut yang dalam siklus rantai makanan juga akan kembali dapat dinikmati manusia.

“Karena itu jika ekosistem laut dijaga dengan kebersihan pantai, maka aneka ragam hayati dan biota laut yang akan menjadi bagian dari satu rangkaian dan rantai makanan manusia tidak akan berdampak buruk. Laut yang bersih juga akan meningkatkan kunjungan wisata ke pantai dan berdampak ke perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Setelah bersih pantai, acara dilanjutkan dengan sharing dan makan siang. Tujuan sharing untuk meningkatkan pengetahuan anggota Falahi mengenai pemeliharaan dan pengelolaan sampah di lingkungan. Juga bentuk solidaritas dengan berbagai elemen dalam melakukan pelestarian alam yang berkelanjutan, khususnya di wilayah pantai.

Setelah sholat Dhuhur dan bersih diri selesai, peserta mengakhiri kegiatan bersih pantai ini. Rombongan tiba di SMA Muhi sekitar pukul 15.00 WIB. (*)

 

 

Berita ini diterima mediamu.com dari Yusron Ardi Darmawan, M.Pd (SMA Muhi Yogyakarta)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here