UMY Luncurkan Fasilitas Daring dan Café 1912

0
19

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) baru saja meluncurkan fasilitas dalam jaringan (daring) baru berupa My Dompet (uang elektronik UMY), UMY Payment dan Green Money (G-Money).

Selain itu UMY juga mengenalkan bangunan baru berupa co-working space Café 1912, Senin (30/12) di Kampus UMY. Inovasi yang dilakukan oleh UMY bertujuan untuk merespon berubahan zaman serta mendukung perkembangan mahasiswa.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM. mengatakan bahwa perlu kejelian dalam menghadapi laju zaman yang sangat cepat.

Saat ini, fasilitas daring sangat diminati oleh kalangan muda. Selain dapat mempermudah pengguna, juga praktis untuk digunakan. “Waktu bergerak sangat cepat, mahasiswa juga berubah mengikuti zaman.

Oleh karena itu, para dosen harus bisa berinovasi untuk menghadapi itu. UMY juga akan selalu melakukan inovasi agar dapat bersaing,” ujarnya saat memberikan sambutan.

UMY payment bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran SPP melalui BMT UMY dengan menggunakan elektronik dan bisa diakses di luar UMY. Sedangkan My Dompet sebagai akses mahasiswa dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang di unit bisnis yang ada di UMY. 

Tanpa harus menggunakan uang tunai yang dapat dilihat serta dikontrol oleh orang tua atau wali mahasiswa. Aplikasi BMT UMY dapat diunduh secara gratis bagi pengguna telepon seluler Android.

Sedangkan G-Money bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik, karena tingkat pencemaran sampah plastik di Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh PT UMB adalah memproduktifkan sampah plastik dengan cara: mahasiswa atau pegawai UMY dapat menukarkan gelas dan botol plastik bekas UMY Tirta dengan sejumlah uang yang telah ditentukan.