Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UMY Luncurkan Fasilitas Daring dan Café 1912

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) baru saja meluncurkan fasilitas dalam jaringan (daring) baru berupa My Dompet (uang elektronik UMY), UMY Payment dan Green Money (G-Money).

Selain itu UMY juga mengenalkan bangunan baru berupa co-working space Café 1912, Senin (30/12) di Kampus UMY. Inovasi yang dilakukan oleh UMY bertujuan untuk merespon berubahan zaman serta mendukung perkembangan mahasiswa.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM. mengatakan bahwa perlu kejelian dalam menghadapi laju zaman yang sangat cepat.

Saat ini, fasilitas daring sangat diminati oleh kalangan muda. Selain dapat mempermudah pengguna, juga praktis untuk digunakan. “Waktu bergerak sangat cepat, mahasiswa juga berubah mengikuti zaman.

Oleh karena itu, para dosen harus bisa berinovasi untuk menghadapi itu. UMY juga akan selalu melakukan inovasi agar dapat bersaing,” ujarnya saat memberikan sambutan.

UMY payment bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran SPP melalui BMT UMY dengan menggunakan elektronik dan bisa diakses di luar UMY. Sedangkan My Dompet sebagai akses mahasiswa dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang di unit bisnis yang ada di UMY. 

Tanpa harus menggunakan uang tunai yang dapat dilihat serta dikontrol oleh orang tua atau wali mahasiswa. Aplikasi BMT UMY dapat diunduh secara gratis bagi pengguna telepon seluler Android.

Sedangkan G-Money bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik, karena tingkat pencemaran sampah plastik di Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh PT UMB adalah memproduktifkan sampah plastik dengan cara: mahasiswa atau pegawai UMY dapat menukarkan gelas dan botol plastik bekas UMY Tirta dengan sejumlah uang yang telah ditentukan.

Gunawan juga menegaskan kepada pengelola Café 1912 untuk memberikan fasilitas terbaik agar mahasiswa dapat menggunakannya untuk menunjang aktivitas pembelajaran di luar ruangan. Pasalnya UMY telah memberlakukan kuliah daring yang dapat dilakukan dimana pun.

Pembangunan café tersebut juga diperuntukan untuk aktivitas bagi mahasiswa, salah satunya berkuliah. Maka dibutuhkan fasilitas internet yang cepat dan mumpuni.

“Pembangunan Café 1912 juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang bagus, salah satunya internet. Kalau bangunan ini tidak dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, lebih baik diurungkan saja niatnya untuk membangun ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT. UMB, Dr, Alni Rahmawati, SE., MM., menjelaskan bahwa Cafe 1912 didesain dengan 3 lantai, dengan fungsi yang berbeda-beda dan didesain dengan suasana yang nyaman, tenang, dan para pengunjung dapat memandang pemandangan di luar, karena tembok pembatas menggunakan kaca.

Selain itu, Cafe 1912 juga menyediakan ruang rapat, co-working space, ruang untuk menerima tamu-tamu undangan, didukung dengan adanya internet yang kuat, sehingga memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran mandiri dan kegiatan lainnya.

“Bangunan ini kami desain dengan konsep modern dan mengutamakan kenyaman bagi pengguna, yaitu mahasiswa dan orang-orang yang berada di sekitar UMY.

Kami menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Café 1912 ini akan dibuka secara keseluruhan pada Februari 2020 mendatang,” pungkasnya. (*\)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here