News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

Mahasiswa UHAMKA Jakarta Belajar MTB di Cangkringan Sleman

SLEMAN — Sebanyak 295 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta, belajar soal Masyarakat Tangguh Bencana (MTB) di Cangkringan, Sleman.

Masyarakat tangguh bencana di Sleman, khususnya di sekitar Cangkringan yang berada di lereng Merapi, terbukti bisa tangguh dalam menghadapi bencana alam. Dan hal itu mendapat apresiasi sampai tingkat nasional maupun internasional.

Hal itu disampaikan Budi Santoso dari MDMC PP Muhammadiyah dalam kegiatan studi lapang yang diikuti mahasiswa UHAMKA Jakarta yang didampingi 3 dosen dan 3 karyawan Isipol UHAMKA Jakarta pada 4 Januari 2020 di Masjid Nurul Mutaqin, Kompleks PKU Muhammadiyah Cangkringan, Argomulyo, Sleman.

Diterangkan Husnan Nurjuman, S.Ag, M.Si selaku dosen dan ketua rombongan dari Isipol UHAMKA Jakarta, matakuliah Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) saat ini menggunakan pendekatan dakwah secara intervensi, mengorganisasikan serta membersamai masyarakat agar berdaya.

“Kami merasa bangga bisa hadir di tengah masyarakat tangguh bencana di Cangkringan Sleman,” kata Husnan Nurjuman. 

Menurut Husnan, pada prinsipnya bencana alam seperti erupsi, banjir dan tsunami bukanlah bencana jika tidak ada korban jiwa. “Di sinilah konsep mayarakat tangguh bencana ini menjadi penting untuk mengurangi risiko bencana,” katanya.

Dan masyarakat Cangkringan, Sleman, dengan berbagai stakeholder — termasuk Muhammadiyah — mengambil peran besar di sini untuk membangun konsep tangguh bencana ini.

Disamping itu, kegiatan itu untuk bernostalgia dan berjumpa dengan teman-teman MDMC PP Muhammadiyah yang dulu ikut bersama-sama merintis konsep penanggulangan bencana di Muhammadiyah seperti Budi Setiawan, ST, Budi Santoso dan lain-lain.

PCM Cangkringan menyambut kedatangan mahasiswa UHAMKA Jakarta di lereng Merapi. Kemudian ditunjukkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Cangkringan sejak dari TK, SD, SMP, SMK, PKU Muhammadiyah dan BMT yang sempat terhenti.

Sementara itu, LPB PDM Sleman yang dikomandani M. Fauzah Yaksya menyampaikan pengalamannya selama respon Merapi 2010 lalu dan bencana lainnya yang terjadi di Sleman, dengan melibatkan dan mengkoordinasikan semua potensi AUM beserta ortomnya dengan semangat “Satu Muhammadiyah Satu Respon”.

Selain itu, Sumarah S.Pd yang mendepat predikat bundanya relawan Sleman, menyampaikan, dirinya telah berkiprah sejak 1994  sampai sekarang.

Sampaikan juga keterpanggilan kemanusiaan dan untuk menjaga akidah umat, menjadi penyemangatnya untuk berkhidmat di dunia kebencanaan dan kerelawanan Muhammadiyah.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here