Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Siswi Mu’allimaat Bantu Kelas Tahfidz di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta

YOGYAKARTA — Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kembali menunjukkan kiprahnya sebagai sekolah pencetak kader pendidik dan pemimpin putri Islam.

Hal itu dibuktikan dengan keterlibatan para siswi dalam membantu pelaksanaan kelas tahfidz di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan Desember 2019 setiap hari Jum’at pukul 06.00-07.00 WIB atau sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang menggerakkan kegiatan ini merupakan perwakilan siswi yang berasal dari asrama tahfidz.

Setiap hari Jum’at, secara bergantian sebanyak 20 orang siswi dikirim untuk mengajar kelas tahfidz di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, para siswa SD Muhammadiyah Ngupasan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu orang tenaga pengajar di setiap kelompok.

Adapun kegiatan yang dilakukan itu di antaranya adalah mengajarkan membaca surat-surat pendek dengan benar, siswa menirukan dan kemudian menyetorkan hafalannya masing-masing.

Di setiap akhir sesi, para pengajar mengajak para siswa untuk mengulang kembali hafalan yang sudah mereka hafalkan (muroja’ah).

Alivia Faiza, salah seorang siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, yang mengajar kelas tahfiz, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat para siswa SD Muhammadiyah Ngupasan dalam menghafal dan membaca surat-surat pendek dengan baik dan benar. 

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi para siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengamalkan dan membagi ilmu yang telah mereka dapatkan, baik di madrasah maupun di asrama.

Program kelas tahfidz ini mendapatkan apresiasi dari kedua pihak, baik dari Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta maupun SD Muhammadiyah Ngupasan.

Pihak SD Muhammadiyah Ngupasan sangat senang dengan adanya keterlibatan siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam program kelas tahfidz ini.

“Saya berharap siswi Mu’allimaat bisa memaklumi dan bersabar dalam menghadapi para siswa dari SD Muhammadiyah Ngupasan,” kata Ny Aprin, guru agama SD Muhammadiyah Ngupasan, yang berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung, mengingat besarnya manfaat dari kegiatan ini. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here