Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Terima Dana Hibah YSEALI Alumni UMY Kampanyekan Jaga Lingkungan

BANTUL — Lingkungan merupakan salah satu investasi masa depan untuk semua makhluk hidup, tak terkecuali umat manusia. Jika lingkungan kita saja sudah tidak layak maka kehidupan manusiapun juga akan terdampak.

Isu-isu tentang lingkungan inilah yang kemudian membuat Hanna Nur Afifah Yogar, alumni jurusan International Program Law and Sharia (IPOLS) UMY, tertarik untuk mengambil tema Environment Issues and Natural Resources Management dalam Young South Asean Leader Initiative (YSEALI) Academic Fellowship.

Setelah Hanna membanggakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui terpilihnya ia sebagai perwakilan Indonesia untuk YSEALI Academic Fellowship di Amerika yang didukung oleh Department Luar Negeri Amerika Serikat dan East-West Center, Hawaii, kembalinya Hanna ke tanah air juga tak kalah membanggakan. Hanna berhasil mendapatkan dana hibah terbesar diantara 3 negera dengan mengalahkan 11 negara lain.

Setelah ia menempuh pendidikan singkat selama kurang lebih lima minggu di University of Honolulu, Amerika, Hanna akan merealisasikan kegiatan yang terkait dengan lingkungan menggunakan dana hibah didapatkan dari YSEALI.

Dengan menggunakan platform pendidikan dan seni lingkungan, Hanna berkolaborasi dengan American Corner UMY dan klub teater Savana milik Prodi Bahasa Inggris UMYuntuk menunjukkan kepada masyarakat tentang situasi lingkungan sekarang ini, bagaimana cara menangani dan mengatasi permasalahan lingkungan melalui eARThen (Environment Education for Society).

“Dari materi-materi yang saya pelajari di East-West Center saya lebih condong menggunakan salah satu dari unsur 5 magic ways yaitu seni. Melalui seni kita bisa berkomunikasi lebih leluasa karena hakikat seni sebagai universal language. Kemudian melalui seni juga kita bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan cara yang menyenangkan, tidak terkesan menggurui,” jelas Hanna saat ditemui Rabu (5/2).

Dana hibah yang diterima Hanna tersebut akan ia realisasikan di Puncak Becici, Imogiri, Bantul dengan menampilkan pertunjukkan drama musikal Darmawulan dan Minakjinggo pada hari Minggu, 23 Februari 2020.

“Saya juga memikirkan mengenai konsep yang akan kami tampilkan nanti, tapi untungnya Savanna PBI UMY sudah pernah menampilkan drama musikal tersebut, tinggal bagaimana saya dan Dosen Pembina Savana menambahkan pesan-pesan lingkungan di dalam script drama tersebut,” tambah Hanna.

Adanya Puthut Ardianto, Pembina Savana PBI UMY sekaligus sebagai mentor Hanna sangat membantu Hanna untuk merealisasikan dana hibah yang ia dapatkan.

Sir Puth panggilan akrabnya juga ikut menangani langsung acara ini tidak hanya sekadar memberikan support saja.

“Dari awal memang saya dengan Hanna tidak punya planning khusus. Hanna menghubungi saya bahwa dia ingin mengikuti YSEALI dengan program ini sampai akhirnya terpilih dan berangkat ke Amerika. Tahu dia dapat dana hibah terbesar saya ikut senang dan bangga karena Hanna mampu memiliki pencapaian hingga sejauh ini. Tinggal sekarang saya membantu dia untuk segera merealisasikan niat baiknya untuk masyarakat dan lingkungan,” tutup Puthut. (id)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here