Government Gathering Sebagai Wadah Kerjasama UMY Dengan Pemerintah

0
3

BANTUL — Dewasa ini banyak sekali muncul isu yang menjadi sorotan terkait dengan persoalan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan, saat ini persoalan yang muncul dan menjadi perhatian publik tidak hanya terkait dengan pengelolaan pemerintahan, melainkan juga isu lingkungan yang memberikan dampak terhadap kebijakan pemerintah. 

“Isu tersebut menjadi problem mendesak untuk segera diselesaikan melalui kontribusi pemerintah yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan untuk mencapai keberlangsungan hidup masyarakat yang ideal. Oleh karena itulah, kami kembali mengadakan acara Government Gathering ini, yang merupakan kesempatan bagi civitas akademika UMY dan Pemerintah Daerah untuk dapat saling bertukar pengalaman, diskusi, dan berkolaborasi tentang Good and Green Governance. Untuk mengembangkan kerjasama serta memberikan terobosan bagi masyarakat daerah dalam menyelesaikan berbagai problem tersebut,” ungkap Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan International Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LKS UMY) Eko Priyono Purnomo, M.Res., Ph.D dalam Government Gathering pada selasa  (18/02) di Sportorium Kampus Muda Mendunia UMY.

Government Gathering yang ke-2 ini mengangkat tema G5 (Government Gathering on Good and Green Governance) dengan Tagline “Better Government for Better Environment”.

Ada tiga sesi dalam acara ini yaitu sesi pertama yang diawali dengan pembukaan, sambutan, dan penandatanganan MoU, sesi kedua yaitu diskusi tentang Good Governance bersama Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP lalu dilanjutkan sesi ketiga yaitu diskusi  tentang Green Governance bersama Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D melalui teleconference.

Selain itu juga turut hadir Kepala Daerah dari berbagai kota di Indonesia, seluruh rektor universitas di Yogyakarta, dan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah di Yogyakarta.