Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Bank Sampah Lintas Winongo Kelola Limbah Minyak Goreng Bekas Pakai

YOGYAKARTA — Pengelolaan limbah minyak goreng bekas pakai belum banyak dilakukan oleh masyarakat Kota Yogyakarta. Masyarakat cenderung tidak tahu dalam pengelolaan limbah minyak goreng bekas pakai.

Kebanyakan dari mereka cenderung membuang langsung limbah tersebut ke saluran pembuangan rumah tangga. Padahal, ujung saluran pembuangan rumah tangga tersebut akan menimbulkan dampak luas bagi lingkungan hidup.

Karena limbah minyak goreng bekas tersebut belum dapat terurai, tentu saja mencemari lingkungan. Berkaitan hal itu, kegiatan pengabdian masyarakat mengenai pengelolaan limbah minyak goreng bekas pakai dilakukan di Bank Sampah Lintas Winongo, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Bank Sampah Lintas Winongo merupakan bank sampah yang sudah berupaya untuk menampung limbah minyak goreng bekas pakai untuk para nasabah.

Sosialiasi mengenai bahaya limbah minyak bekas pakai untuk kesehatan dan lingkungan, rantai nilai dari proses pengepulan minyak dan proses penjernihan minyak goreng merupakan awal permulaan kegiatan.

Beberapa anggota bank sampah sudah mengetahui bahaya penggunaan limbah minyak goreng bekas pakai yang diolah kembali, dalam hal ini dijernihkan dan kemudian dikonsumsi ulang. Praktek curang selama ini sudah familiar di masyarakat, tapi belum disadari bahayanya.

Kegiatan selanjutnya adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan proses penyaringan atau penjernihan minyak goreng bekas pakai. Hasil penjernihan tersebut tidak digunakan untuk konsumsi, namun sebagai bahan dasar pembuatan sabun, lilin maupun bahan bakar pengganti.

Bank sampah dapat dimanfaatkan sebagai pengepul limbah minyak goreng bekas, yang nantinya limbah ini akan dikelola menjadi produk sekunder oleh pengelola.

Kini, bank sampah menerima sampah limbah minyak goreng bekas dengan harga berkisar antara Rp. 2.500,- hingga Rp. 3.500,-.

Limbah ini dapat dijual kembali kepada pengepul langsung. Dan, adanya program ini, proses olah pada limbah akan menghasilkan produk sekunder dari hasil pelatihan penjernihan limbah minyak goreng bekas sehingga terdapat penambahan aktivitas untuk pengelola bank sampah.

Produk sekunder dari pengolahan minyak goreng bekas dapat menambah nilai ekonomis produk maupun menambah pendapatan bagi bank sampah sehingga pemberdayaan dan penambahan pengetahuan bagi pengelola dapat meningkat.

Bank sampah juga dianggap lebih bisa memberikan sosialisasi berkaitan dengan bahaya penggunaan minyak goreng bekas untuk kesehatan dan juga memotong rantai pasokan bagi pengepul yang sebagian besar melakukan penjernihan untuk di konsumsi kembali. Selain itu, juga dapat mengurangi adanya pencemaran lingkungan. (*\)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here