News

News

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

DIY Bentuk Satuan Tugas Muhammadiyah Covid-19 Command Center

YOGYAKARTA — Melalui instruksi No. 04/INS/II.0/C/2020 tertanggal 30 Maret 2020 yang ditandatangani H Gita Danu Pranata, SE, MM (Ketua) dan Drs H Sukiman, MA (Sekretaris), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menginstruksikan kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Takmir Masjid Muhammadiyah se-DIY untuk melakukan jihad kemanusiaan.

“Yaitu dengan membentuk satuan tugas Muhammadiyah Covid-19 Command Center yang melibatkan sumber daya yang dimiliki, meliputi Aisyiyah, organisasi otonom, amal usaha Muhammadiyah dan lain-lain,” kata Gita Danu Pranata, Senin (30/3/2020).

Menurut Gita, hal itu berdasarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 02/MLM/I.0/H/2020, Surat Edaran PP Muhammadiyah No. 02/EDR/I.0/E/2020 tentang tuntunan ibadah dalam kondisi darurat Covid-19, Keputusan Gubernur DIY No. 65/KEP/2020 tentang penetapan status tanggap darurat bencana Coronavirus Disease (Covid-19) dan maklumat PWM DIY No. 02/MLM/II.0/H/2020.

PWM DIY dalam instruksinya kepada PDM se-DIY memastikan maklumat, panduan dan materi sosialisasi sampai ke PCM, berkoordinasi dan aktif dalam kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan urusan terkait lainnya. “Juga melakukan penggalangan dana melalui kantor Lazismu Daerah,” terang Gita Danu Pranata.

Untuk PCM se-DIY, memastikan maklumat, panduan dan materi sosialisasi sampai ke PRM, yang materinya dapat diunduh di www.covid19.muhammadiyah.id, penggalangan dana melalui Kantor Layanan Lazismu PCM, berkoordinasi dengan Lazismu PDM dan PWM DIY, penggalangan dana untuk disinfektanisasi mandiri masjid dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Cabang yang bersangkutan.

Dengan melibatkan Takmir Masjid/Musholla dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), PRM se-DIY untuk membentuk Tim Tanggap Darurat Penyebaran Wabah Covid-19 (MCCC), koordinasi dengan takmir masjid/musholla untuk mendata jamaah atau warga yang terdampak langsung secara ekonomi serta butuh bantuan bahan pokok sehari-hari.

“Selain itu melakukan kegiatan kemanusiaan terkait jamaah atau warga yang berstatus ODP atau orang dalam pemantauan, PDP atau pasien dalam pengawasan dan terkonfirmasi positif Covid-19,” papar Gita lagi.

Adapun untuk Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) berkoordinasi secara intensif dengan PDM, PCM dan PRM/PR Aisyiyah setempat dalam rangka menanggulangi wabah Covid-19. “Dan melakukan pendataan terhadap pegawai yang terdampak secara ekonomi dan membutuhkan bantuan bahan pokok,” pungkas Gita Danu Pranata. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here