Kesehatan

Kesehatan

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
RS PKU Bantul Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Program Penanggulangan Tuberkulosis Oleh Dinkes DIY Inilah Manfaat Bekam dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Tempuh Jarak Hingga 20 Km, Kurir Pos Indonesia Siap Antar Obat RS PKU Yogya ke Pasien Antar Obat ke Pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogya Luncurkan FAST MENTARI Clubfoot: Upaya MPKU PP Muhammadiyah Optimalkan Penyembuhan Kaki Pengkor Seminar Cegah Stunting RS PKU Yogya: Berat Bayi Rendah Harus Diperhatikan Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan Milad ke-111 Muhammadiyah, RS PKU Muhammadiyah Sleman Dilaunching RS PKU Kota Yogya Adakan Jalan Sehat, Kampanyekan Risiko Kelahiran Prematur   PDM Langkat Gandeng Berbagai Pihak Selenggarakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Sehat dalam Genggaman Tangan Kecil dari RS PKU Muhammadiyah Bantul Atasi Stunting, KL Lazismu Kotagede Gandeng Puskesmas dan BKKBN DIY RSU PKU Muhammadiyah Bantul Mampu Bersaing Secara Nasional dan Internasional Pastikan Penanganan Cedera Atlet Benar, LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera Olahraga Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, RS PKU Bantul Gelar Lomba Cuci Tangan dan Ice Breaking Tim EMT PKU Muhammadiyah Bantul Berlatih Penanganan Bencana Gempa Bumi Layanan Kesehatan Gratis Jadi Kontribusi Kongkret Mahasiswa tarjih Muhammadiyah Pada Masyarakat Gandeng Kemenkes RI, PP Muhammadiyah Mulai Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Generasi Muhammadiyah UAD Juara Pertama PCTA 2018 Kementerian Pertahanan RI Tapak Suci UAD Yogyakarta Selalu Meraih Juara

PKU Bantul Latih Penanganan Jenazah Covid-19

YOGYAKARTA — RS PKU Muhammadiyah Bantul termasuk salah satu rumah sakit yang ditunjuk oleh Muhammadiyah dan pemerintah untuk merawat pasien Covid-19.

Dalam rangka penugasan tersebut, rumah sakit yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Bantul, telah mempersiapkan diri melalui gladi penanganan pasien Covid-19 pada tanggal 29 Februari 2020 lalu.

Dalam perjalanannya, RS PKU Muhammadiyah Bantul menerima pasien Covid-19 pertama pada 28 Maret 2020. Hingga kini rumah sakit tipe C yang berdiri tahun 1966 sudah merawat 72 pasien Covid-19. Adapun 72 pasien Covid-19 tersebut dengan rincian 62 orang berstatus ODP rawat jalan, 5 orang ODP rawat inap, 5 orang PDP rawat inap dan 1 orang pasien terkonfirmasi positif.

Selama merawat pasien Covid-19, RS PKU Muhammadiyah Bantul sudah menangani 4 jenazah dengan menerapkan prosedur pemulasaraan jenazah pasien positif Covid-19 sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI dan Panduan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Dan semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada penolakan warga.

Berdasarkan pengalaman tersebut, BPBD Kabupaten Bantul bekerja sama dengan MCCC Kabupaten Bantul menunjuk RS PKU Muhammadiyah Bantul sebagai tempat penyelenggaraan sekaligus pelaksana pelatihan rukti jenazah Covid-19 pada Sabtu (11/4/2020).

Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, saat membuka pelatihan tersebut menyampaikan alasan RS PKU Muhammadiyah Bantul ditunjuk sebagai penyelenggara dan tempat pelatihan, “RS PKU Muhammadiyah Bantul sudah berpengalaman dalam melaksanakan pemulasaraan jenazah dengan standar pasien positif Covid-19 sampai penguburan, bahkan telah membuat panduannya,” katanya.

Dijelaskan Ketua MCCC Bantul, Arba Qomaru, pelatihan kali pertama ini diikuti 25 orang peserta urusan dari Pemuda Muhammadiyah dan berbagai unsur, antara lain SAR, PMI, Tagana dan NU. “Dengan materi pemulasaraan jenazah,” kata Arba Qomaru, yang menambahkan pelatihan itu berupa teori dan praktik serta materi pendukung berupa prosedur penggunaan APD, peribadatan dan teknik disinfektanisasi bagi jenazah, sterilisasi serta petugasnya.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, Widiyanto Danang Prabowo, mengatakan, dalam pelatihan ini RS PKU Muhammadiyah Bantul menyiapkan tim yang terdiri dari kerohanian, PPI dan disaster medical team sebanyak 4 orang.

Pelatihan ini dilakukan secara menyeluruh dari penggunaan APD, rukti jenazah sampai penguburan dan edukasi ke masyarakat tentang protokol pelayanan jenazah.

Danang berharap, setelah mengikuti pelatihan ini para peserta akan memahami dan melaksanakan protokol pelayanan jenazah serta masuk dalam gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul. (*/Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here