News

News

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia Melawan Korsel di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial

Beragam Kegiatan MCCC Gunungkidul

GUNUNGKIDUL — Lagi dan lagi. Semangat untuk berbagi dan membantu sesama tidak pernah surut, terlebih di masa sulit seperti sekarang. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) melakukan beragam aksi yang disebut Giat Amanah MCCC Gunungkidul.

Kegiatannya antara lain memberikan edukasi kepada masyarakat melalui PCM/PCPM tentang pola hidup bersih dan cara menghindari penyebaran Covid-19. Kegiatan tersebut melibatkan dokter dan petugas medis.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan ke amal usaha Muhammadiyah (AUM), pembagian sembako, pembagian masker, pembagian wadah cuci tangan, dan lain-lain,” jelas Pranowo, Ketua MCCC Gunungkidul, ketika dihubungi mediamu.com melalu pesan WhatsApp.

Untuk pengadaan beras mereka bekerja sama dengan Lazismu. Sasaran program adalah kaum dhu’afa, jompo, hidup sebatang kara, ODP, dan PDP.

Kabupaten Gunungkidul yang dicover program MCCC sangat luas dengan jarak antara satu tempat dengan lainnya tidak mudah dijangkau. Berbukit-bukit. Meski begitu sampai saat ini program sudah menjangkau 406 masjid, 107 sekolah, 66 fasilitas umum, 12 pondok pesantren, dan 290 rumah warga.

“Sudah 1.450 masker kami bagikan, 95 paket sembako masing-masing senilai Rp 100.000, serta 60 ember dan kran,” tambah Pranowo.

Setidaknya sampai saat ini di tingkat cabang se Gunungkidul sudah terbentuk sekitar 10 MCCC di antaranya Wonosari, Ponjong, Girisubo, Purwosari, Saptosari, Karangmojo, Semin, Semanu, dan Tepus/Tanjungsari.

“Kami merencanakan adanya lumbung beras untuk melayani pembagian sembako di 18 kecamatan,” kata Pranowo sambil menjelaskan lumbung beras untuk program bantuan beras di seluruh kecamatan dengan masing-masing 250 paket (beras @2,5 kilogram).

Pendanaan kegiatan tersebut hasil donasi masyarakat yang hingga Pranowo menjelaskan ini terkumpul uang Rp 40.914.440 dan beras kurang lebih 8 (delapan) kwintal. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here