Yogya Siapkan Sanksi Sosial Bagi yang Tidak Bermasker

0
97

YOGYAKARTA — Ada hal baru yang mulai diterapkan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkait dengan masih mewabahnya Covid-19. Yakni, warga Yogya dan siapapun yang tinggal di Yogya wajib mengenakan masker. Jika melanggar akan dikenai sanksi sosial.

Pencanangan gerakan memakai masker tersebut dilakukan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di Kompleks Kepatihan, Jumat 15 Mei 2020. Sebagai langkah awal adalah pembagian masker ke puluhan titik yang tersebar di DIY.

Menurut Wakil Gubernur, semua itu semata-mata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Apapun yang kita lakukan di sini tentu tidak berarti apa-apa jika tidak disertai kesadaran masyarakat yang ada. Jadi harapan kami, kesadaran masyarakat ikut menjadi subjek bukan objek untuk ikut berperan serta dalam memutus rantai pandemi COVID-19,” kata Paku Alam X.

Ia menambahkan, “Ke depan nanti secara bersama-sama tidak hanya dari pemerintah, tapi seluruh elemen ikut aktif bersama-sama dalam menangani pandemi ini.”

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, menambahkan bahwa satuannya akan menerapkan sanksi sosial bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Tujuannya agar kesadaran masyarakat untuk memakai masker kian meningkat.