MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Muhammadiyah Dukung Nalar Kritis

YOGYAKARTA — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sedang mengumpulkan informasi terkait orang yang mengancam dengan  mengatasnamakan Muhammadiyah Klaten.

“Saya menduga, orang tersebut oknum yang hanya menebar teror dan mengadu domba Muhammadiyah dengan pihak lain. Terbukti, nomor HP yang dipakai berbeda,” tegas Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Mu’thi, melalui pesan WhatsApp.

Ia merespon pencatunan nama Muhammadiyah Klaten untuk meneror rencana pelaksanaan diskusi tentang masalah hukum tata negara. Diskusi “Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan” akan digelar 29 Mei 2020, tapi kemudian dibatalkan.

Ada ancaman melalui WA tentang rencana itu, dua di antaranya mengaku dari ormas Muhammadiyah.

Menurut Mu’thi, Muhammadiyah meminta kepada kepolisian untuk dapat melacak pemilik nomor HP tersebut. Termasuk klarifikasi kepada pihak UGM.

Muhammadiyah tidak tahu dan tidak tahu menahu soal seminar mahasiswa di UGM. Kalau ada oknum yang mengatasnamakan Muhammadiyah jelas bukan atas persetujuan dan sepengetahuan Muhammadiyah, termasuk Muhammadiyah Klaten.

“Sebagai organisasi  yang bergerak dalam pendidikan, Muhammadiyah sejak awal sangat mendukung nalar kritis dan kajian ilmiah sebagai bagian dari amar ma’ruf nahi munkar,” tegasnya.

Muhammadiyah menolak dan menentang cara-cara kekerasan dalam bentuk apapun dalam menyampaikan gagasan dan dakwah. Karena itu cara-cara kekerasan, termasuk teror seperti yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan Muhammadiyah, jelas bukan merupakan karakter dan kepribadian kader dan warga Muhammadiyah. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here