News

News

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

PWM DIY Terima Hibah Pondok Wisata di Kawasan Pantai

GUNUNGKIDUL — Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY menerima hibah pondok wisata di kawasan wisata Pantai Indrayanti, Gunungkidul. Penandatanganan naskah hibah dilakukan Ny. Iin Muhdar (pemilik villa/wisma) dengan Gita Danu Pranata (Ketua PWM DIY) disaksikan Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, di Rumah Dinas Wakil Bupati Gunungkidul, Selasa 2 Juni 2020.

Pantai Indrayanti termasuk kawasan wisata favorit bagi pengunjung, baik domestik maupun manca negara. Dari pusat Kota Yogyakarta (Malioboro) ke Pantai Indrayanti berjarak sekitar 67 kilometer ke arah tenggara. Ada beberapa pantai yang jaraknya dekat dengan Indrayanti, antara lain Pantai Sundak, Pok Tunggal, Sadranan, Krakal, Timang, Slili, dan Pantai Wediombo.

Hibah pondok wisata berupa guest house merupakan tantangan baru, untuk menjawab bagaimana Muhammadiyah berkiprah dalam dakwah destinasi Wisata. “Ini sebuah tantangan menarik sekaligus dibutuhkan keseriusan karena imej dan citra bahwa wisata pantai penuh kebebasan dan sulit dikendalikan khususnya dalam bermuamalah,” kata Gita Danu Pranata.

Hibah pondok wisata berupa guest house tersebut luasnya 18 x 10 meter persegi. Menurut keterangan Taufik Ridwan dari Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PWM DIY, nantinya tempat itu akan dikembangkan menjadi tempat outbound kreatif, wisata berbasis keluarga, workshop dan pelatihan berbasis alam, tempat dakwah pariwisata, dan percontohan pondok wisata halal.

Pengelolaan persyarikatan Muhammadiyah atas pondok wisata di kawasan wisata pantai itu akan menjadikan destinasi wisata penuh kebaikan dan manfaat bagi umat. Keinginan menjadikan destinasi wisata halal dan thoyib sudah muncul dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sebenarnya tidak sulit mewujudkan ide wisata halal. Apalagi Islam hadir selalu memberikan pencerahan, bukan perpecahan. Ini bukan kegiatan membedakan rasa atau SARA. Di banyak negara mayoritas nonmuslim, wisata halal justru mulai ramai diperbincangkan.

“Semoga Allah mengijabah segala do’a kita. Kepada keluarga hibah  Ibu Iin Muhdar menjadi keberkahan dan amal sholeh yang diterima Allah,” tambah Gita. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here