Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UMY Siapkan Skenario Kedatangan Mahasiswa

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan rapat koordinasi terbatas bersama dengan Koramil Kasihan, Polsek Kasihan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Camat Kasihan, Lurah Tamantirto, dan para kepala dukuh sekitar, Kamis (4/6). Rapat dipimpin Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM, membahas skenario kepulangan mahasiswa dari daerah asal ke kampus. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebijakan dan merancang protokol kesehatan yang ketat.

“Kami sadar bahwa tidak mungkin kembali dengan kondisi seperti sebelum Covid-19, sehingga harus bersiap dengan new normal,” katanya saat memimpin rapat di Gedung K.H Ibrahim UMY.

Gunawan juga menjelaskan bahwa UMY telah melakukan persiapan untuk kuliah secara dalam jaringan (daring) bagi mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menyambut semester baru pada September 2020. Namun, tidak semua perkuliahan dapat dilakukan secara daring. Misalnya, kegiatan praktik yang harus dilakukan secara tatap muka oleh beberapa Program Studi (Prodi).

“Laboratorium praktikum akan dikurangi dari kapasitas maksimal 30-40 orang menjadi 10 orang maksimal dalam satu laboratorium,” sambung Gunawan.

Camat Kasihan Slamet Santoso, S.I.P.,  menambahkan, perlu adanya koordinasi yang masif dan cermat untuk mengantisipasi kepulangan mahasiswa dari daerah asal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

“Terkait rencana pembukaan kembali perkuliahan luring (luar jaringan), perlu adanya solusi terkait tempat tinggal mahasiswa serta mobilitasnya karena jumlahnya yang tidak sedikit untuk mengendalikan peta persebaran,” imbuhnya.

Kepala Bagian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan, sektor pendidikan tinggi menjadi salah satu bagian yang rumit untuk ditangani. Penanganan tidak hanya melibatkan kampus, juga warga sekitar kampus yang menjadi tempat tinggal para mahasiswa.

“Hal ini menjadi sangat sulit karena berkaitan dengan norma dan budaya dalam masyarakat sekitar. Jika hal ini berlangsung terus menerus, adanya stigma dalam masyarakat menjadi penghambat diberlakukannya kehidupan yang baru. Masyarakat takut menghadapi kehidupan bersosial,” ujarnya.

Joko menekankan agar pihak kampus terus melakukan koordinasi secara berkala dengan masyarakat sekitar. Ia juga meminta kepada para mahasiswa jika nantinya sudah tiba di Yogyakarta untuk mematuhi peraturan kampus dan juga melapor kepada pihak berwenang serta menaati kebijakan di tempat mereka tinggal.

“Para pelaku perjalanan diminta untuk melakukan protokol kesehatan yang ada dengan isolasi mandiri serta tetap menerapkan protokol kesehatan dasar yang telah ada. Masyarakat juga perlu melakukan dukungan dan pemantauan yang dilakukan ketua RT setempat kepada para pelaku perjalanan yang baru datang dengan berdasarkan instruksi bupati dan gubernur yang menjadi dasar hukum,” pungkasnya.

UMY menetapkan tanggal 1 – 5 Juli 2020 sebagai waktu kedatangan mahasiswa ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, bagi mahasiswa akhir atau praktikum, mengingat status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 diperpanjang sampai 30 Juni 2020. Kegiatan praktikum, skill lab, dan praktik profesi atau kerja praktik atau magang Semester Genap 2019/2020 akan dilaksanakan pada 20 Juli 2020-30 Agustus 2020.

UMY terus melakukan persiapan untuk membantu proses perjalanan mahasiswa, di antaranya dengan memberikan surat keterangan sebagai mahasiswa akhir atau sedang praktikum, yang bisa didownload melalui KRS online. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here