Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

KB-TK ABA Karangjati Indah Kasihan Bantul Terapkan Protokol Covid-19

BANTUL — Dalam situasi di tengah-tengah wabah pandemi Covid-19 ini, KB-TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangjati Indah 1 Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, mengadakan pembagian raport, Sabtu (20/6/2020).

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus COVID-19, KB-TK ABA Karangjati Indah 1 Bangunjiwo menerapkan protokol kesehatan saat pembagian raport. Siswa, wali siswa dan guru wajib mengenakan masker. “Untuk menghindari terjadinya kerumunan, pembagian raport diatur dengan jarak sesuai protokol kesehatan, yang sebelum masuk harus cuci tangan pakai sabun dan diukur suhu tubuhnya,” ungkap Anik Setyawati, SAg, Kepala TK ABA Karangjati Indah 1 Bangunjiwo.

Adanya Covid-19 ini, menurutnya, banyak program yang harus tertunda bahkan terhapus sama sekali. “Kami menyadari sepenuhnya akan pembatasan pembelajaran ini dan sepenuhnya tidak bisa maksimal,” terangnya.

Adapu  Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal Karangjati Indah 1 Bangunjiwo Kasihan Bantul saat ini mengutamakan pendidikan yang berkualitas dengan kegiatan sentra.

Menurut Anik Setyawati, kegiatan praktik para siswa berupa sentra atau praktik pada tiap tema belajar yang diajarkan kepada siswa.

Dijelaskan dr H Soeroyo Mahfudz, Sp.A, MPA, Ketua Pengurus, KB-TK ABA Karangjati Indah 1 memang konsisten untuk mengunggulkan kualitas pembelajaran, yang tidak hanya belajar di dalam kelas saja. “Tapi juga praktik langsung,” kata Soeroyo Mahfudz.

Salah satu kegiatan sentra yang dilakukan sekolah ini ialah bertanam. “Dan para siswa diajarkan menanam tanaman hias menggunakan media tanah,” tambah Dra Subiyati, Kepala Kelompok Bermain Aisyiyah Karangjati Indah 1.

Untuk mengenalkan warna para siswa ditugaskan untuk membawa sayuran yang beda-beda jenisnya. “Jadi untuk menjelaskannya warna langsung ada medianya,” imbuh Subiyati.

Bagi Anik Setyawati dan Subiyati, belajar menggunakan media, baik visual maupun audio, akan lebih cepat terserap dan diterima dengan baik oleh para siswa.

Meski jumlah siswanya tidak begitu banyak, namun terus berupaya untuk selalu memberikan pengajaran yang berkualitas kepada para siswa.

Tahun ajaran 2019/2020 Kelompok Bermain Aisyiyah Karangjati meluluskan 15 anak. Sedangkan TK ABA Karangjati Indah 1 meluluskan 27 siswa dan siswa kelas A yang naik kelas B ada 38 siswa. Sedangkan calon siswa kelas A sebanyak 30 anak. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here