Dari Shalat ‘Idul Adha sampai Penyembelihan Qurban Menurut PP Muhammadiyah

YOGYAKARTA — Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau warga Muhammadiyah dan umat Islam di Indonesia pada umumnya untuk tidak melaksanakan shalat ‘Idul Adha di tanah lapang, melainkan cukup di rumah masing-masing bersama keluarga atau di ruang terbuka kompleks tempat tinggalnya (bukan lapangan terbuka).

Imbauan ini tertuang dalam Edaran PP Muhammadiyah nomor 06/EDR/I.0/E.2020 tentang Tuntutan Ibadah Puasa Arafah, ‘Idul Adha, Qurban, dan Protokol Ibadah Qurban pada Masa Pandemi Covid-19. Edaran tertanggal 24 Juni 2020 tersebut ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto.

“Muhammadiyah dan seluruh komponen bangsa sungguh-sungguh berikhtiar mengatasi masalah bangsa sekarang ini, terkait penyebaran pandemic Covid-19,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, ketika mengawali jumpa pers tentang edaran tersebut yang disiarkan langsung melalui tvMu, Rabu 24 Juni 2020.

Karena pandemi Covid-19 belum terkendali secara baik, dengan masih adanya penambahan penderita baru setiap harinya, tambah Agus, PP Muhammadiyah menganggap penting member panduan kepada warga Muhammadiyah pada khususnya, dan umat Islam pada umumnya.