Laboratorium FK UMY Jadi Rujukan Nasional Pengujian Tes Covid-19

BANTUL — Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi rujukan nasional untuk pengujian sampel tes Covid-19. Dengan demikian laboratorium ini salah satu dari enam di DIY yang resmi ditunjuk pemerintah. Lima lainnya adalah RSUP Dr. Sardjito, BBTKL Yogyakarta, RS UGM DIY, Laboratorium Balai Besar Veteriner Wates, dan RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Laboratorium FK UMY yang menjadi rujukan tersebut adalah Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory (MMT Lab) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Asri Medical Center. Lab yang diresmikan pada 27 Desember 2019 itu memiliki kualitas Biosafety Level 2 (BSL), yang cukup mumpuni untuk pengujian sample Covid-19.

“Awalnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) bertanya kepada kami tentang laboratorium BSL level berapa yang dimiliki FK UMY, kemudian saya sampaikan bahwa MMT Lab FK UMY sudah BSL level 2. Dengan segala macam fasilitas, MMT Lab bisa menguji sample Covid-19 tapi masih di tahap PCR Konvensional,” ungkap Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran UMY, Rabu (24/6).