Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Laboratorium FK UMY Jadi Rujukan Nasional Pengujian Tes Covid-19

BANTUL — Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi rujukan nasional untuk pengujian sampel tes Covid-19. Dengan demikian laboratorium ini salah satu dari enam di DIY yang resmi ditunjuk pemerintah. Lima lainnya adalah RSUP Dr. Sardjito, BBTKL Yogyakarta, RS UGM DIY, Laboratorium Balai Besar Veteriner Wates, dan RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Laboratorium FK UMY yang menjadi rujukan tersebut adalah Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory (MMT Lab) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Asri Medical Center. Lab yang diresmikan pada 27 Desember 2019 itu memiliki kualitas Biosafety Level 2 (BSL), yang cukup mumpuni untuk pengujian sample Covid-19.

“Awalnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) bertanya kepada kami tentang laboratorium BSL level berapa yang dimiliki FK UMY, kemudian saya sampaikan bahwa MMT Lab FK UMY sudah BSL level 2. Dengan segala macam fasilitas, MMT Lab bisa menguji sample Covid-19 tapi masih di tahap PCR Konvensional,” ungkap Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran UMY, Rabu (24/6).

Namun PCR Konvensional dirasa belum cukup, sehingga Kemendikbud memberikan bantuan hibah alat tes PCR Realtime dalam memaksimalkan MMT Lab UMY menguji sample Covid-19. Bantuan dikirimkan 5 Juni 2020. Saat ini alat tes sedang dalam tahap terakhir instalasi sebelum bisa digunakan. Wiwik mengatakan, MMT Lab UMY membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkan alat tersebut, dan nantinya memiliki kapasitas pengujian 60 sampel per hari.

“PCR Realtime lebih canggih dalam pemeriksaan sample tes Covid-19 dibandingkan dengan yang konvensional, dan hasilnya lebih valid dari Rapid Test. Tapi masih butuh beberapa alat tambahan agar PCR Realtime dapat digunakan, tahap persiapan kami saat ini tinggal teknisnya. Kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu alatnya siap digunakan,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan hasil tes menggunakan PCR Realtime ini membutuhkan waktu sekitar dua hari, dengan tingkat validasi lebih baik ketimbang Rapid Test. “Secara garis besar, mulai dari sampel dikirimkan melalui media transfer khusus dengan protokol keamanan ketat, proses pengujiannya di laboratorium kurang lebih dua hari, di hari ketiga sudah keluar hasilnya,” jelas Wiwik. (*)


Sumber berita: Rilis Biro Humas dan Protokoler UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here