News

News

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia Melawan Korsel di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial

PCM Umbulharjo Kembangkan Dakwah Berkemajuan

YOGYAKARTA — Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Umbulharjo, Yogyakarta, yang terletak di Jalan Glagahsari Yogyakarta dan dikomandoi Mursih Haryono merupakan Muhammadiyah Cabang yang memiliki banyak Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mapan.

Seperti disampaikan Muhammad Iqbal di halaman FB-nya, salah satu PCM di Kota Yogyakarta ini memiliki wilayah paling luas dibanding dengan PCM lainnya.

“Bahkan, dulu sempat beredar wacana pemekaran menjadi Umbulharjo bagian utara dan selatan,” tulis Muhammad Iqbal.

Gedung dakwah yang megah sekaligus sebagai kantor bersama Lazismu Umbulharjo dan BTM (Baitul Tamwil Muhammadiyah) Surya Umbulharjo berdampingan dengan masjid H Letkol Kasmidi.

Selain itu ada berbagai amal usaha di bidang pendidikan seperti SD Muhammadiyah Program Plus Pakel, komplek perguruan Muhammadiyah Jalan Kapas: SD Muhammadiyah Sokonandi, SMP Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 2.

“Hal itu membuktikan eksistensi Muhammadiyah Cabang Umbulharjo dalam gerak dakwahnya,” tulis M Iqbal.

Muhammad Iqbal juga menulis, kolaborasi dengan ortom (organisasi otonom) juga menjadi sinergi energi dakwah yang hebat.

Menurutnya, sindrom kemapanan adalah terlena di zona nyaman. “Insya Allah Muhammadiyah Cabang Umbulharjo akan selalu bergerak aktif dan kreatif untuk terus mengembangkan dakwah berkemajuan di wilayah yang terbentang luas di kecamatan Umbulharjo,” tulis Muhammad Iqbal.

Sementara itu, Ketua PCM Umbulharjo, Mursih Haryono, menuturkan, melalui program plus di SD Muhammadiyah Pakel

yang telah digagas oleh PCM Umbulharjo sejak 1998 akan lahir generasi hafidz sejak dini.

Ke depan, pihaknya berharap program ini terus berlanjut dan bisa diikuti sekolah-sekolah Muhamadiyah lain, khususnya di lingkungan PCM Umbulharjo.

Ia menambahkan, lewat penelitian yang dilakukan sekolah melalui PCM Umbulharjo bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengenai tingkat kepuasan orang tua siswa terhadap program plus, didapatkan program plus tersebut masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena itu, sekolah senantiasa dituntut untuk meningkatkan target kelulusan dari program plus tersebut, khususnya tahfidz.

Harapannya, animo masyarakat terhadap SD Muhammadiyah Pakel semakin tinggi. Dan pada akhirnya mampu menjadi sekolah rujukan bagi orang tua dalam menyekolahkan putra-putrinya. (*/Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here