Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

UMY Laksanakan KKN Tematik Kesehatan Berbasis IT

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) setiap tahun melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berbasis pada pengabdian masyarakat. Namun berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini KKN dilaksanakan dengan konsep pemberdayaan masyarakat berbasis IT.

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) melakukan upacara penerjunan KKN Tematik Kesehatan bertema “Kesehatan Masyarakat” diikuti 178 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Jum’at 10 Juli 2020. Acara dilaksanakan di selasar Gedung Perpustakaan Lt. 2 dengan sistem daring dan ditandai penyematan kartu tanda peserta KKN serta pemberian masker kepada perwakilan peserta KKN yang berdomisili di Yogyakarta.

Dokter Alfun Dhiya An, Sp.OG, perwakilan Kaprodi Program Profesi Pendidikan Dokter, mengungkapkan bahwa kondisi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri untuk orang di bidang medis. “Kita harus bisa menyadarkan diri sendiri lalu kemudian mendampingi masyarakat untuk bisa menjaga serta menerapkan protokol kesehatan yang baik,” katanya.

Sedangkan Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 sudah menjadi pandemi social, dimana masyarakat kebanyakan tidak memperoleh informasi dari sumber terpercaya dan valid. Hal itu menjadi tugas peserta KKN untuk membantu mengedukasi masyarakat.

“Masyarakat kebanyakan menjadi panik, karena informasi yang diperoleh berasal dari sumber yang sebenarnya hanya mencari sensasi. Masyarakat tidak bisa mendapatkan informasi yang semestinya mereka dapatkan. Ini menjadi tugas mahasiswa untuk membantu mengedukasi masyarakat dalam memilah informasi yang sebenarnya, bagaimana menyikapi, dan menghadapi masa-masa pandemi seperti sekarang ini,” paparnya.

Hal senada disampaikan Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Dr. Agung Danarto, M.Ag. Ia mengatakan bahwa edukasi yang dilakukan setidaknya memberikan pencerahan bagi masyarakat terkait bagaimana menyikapi pandemi Covid-19 ini.

Lokasi KKN tersebar di 11 kecamatan Kabupaten Bantul dengan durasi satu bulan. Terkait teknis pelaksanaan, Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat, Dr. Aris Slamet Widodo, S.P., M.Sc., menjelaskan, semua kegiatan dilaksanakan secara online melalui berbagai media dan aplikasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Dalam satu kelompok dipastikan ada peserta yang berasal dari Yogyakarta dan mereka memiliki kewajiban mingguan untuk berkoordinasi langsung dengan tokoh masyarakat setempat, tentunya juga dengan tetap melakukan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” jelas Aris Slamet Widodo.

Peserta KKN juga mendapatkan pengarahan langsung dari Sekda Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, M.M. Ia berharap para mahasiswa bisa memberi pengaruh dan mengubah pengetahuan serta sikap masyarakat dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19. (*)


Sumber berita: Rilis Biro Humas dan Protokol UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here