Kader ‘Aisyiah Taiwan Raih Gelar Doktor Tercepat

YOGYAKARTA — Kader ‘Aisyiyah Taiwan, drg. Valendriyani Ningrum, MPH, Ph.D., meraih gelar doktornya di Department Health Care Administration, Asia University, Taiwan, Rabu 8 Juli 2020. Ujian disertasi dilakukan secara daring dan diuji 5 professor dari beberapa universitas di Taiwan. Ujian secara daring dilakukan karena masih dalam pandemi Covid-19.

Valend, yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Sumatera Barat, mampu menyelesaikan gelar doktornya dalam waktu 1 tahun 10 bulan. Dengan durasi waktu cukup singkat tersebut, Valend mencatatkan diri sebagai lulusan tercepat program doktor di Taiwan.

Dalam disertasinya “The clinical oral health status studies of individuals with intelectual disability disorder and autism spectrum disorder in Indonesia: Mixed method research”, Valend mengangkat tema oral health status pada anak dengan autis dan disabilitas intelektual. Tiga studi menggunakan systematic review dan meta-analysis, studi kuantitatif dan studi kualitatif yang dilakukannya menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara subjek dengan special need dan subjek normal.

Beberapa rekomendasi untuk dokter gigi, caregiver dan pemerintah dari penelitian yang dilakukannya adalah untuk meningkatkan upaya promotif, preventing, dan peningkatan akses kesehatan bagi special need secara komprehensif.

Ketua PCI Muhammadiyah Taiwan, Andi Azhar, sangat mengapresiasi raihan prestasi kader ‘Aisyiah ini. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa perempuan Muhammadiyah merupakan kader-kader berkemajuan yang terus melakukan peningkatan kapasitas dirinya dalam bidang akademis.